Tips memasang rantai pada kaki burung

Bila kita penggemar burung pastinya sayang sekali bila burung peliharaan kita kabur karena tidak di ikat dengan sempurna terkadang seiring waktu dan bahan yang di gunakan membuat bahan yang di jadikan pengikat pergelangan kaki burung tersebut akhirnya rusak ( longgar ) dan menyebabkan burung lepas dari ikatan, memang penggunaan rantai kaki tidak di sarankan untuk semua jenis burung tetapi hanya burung jenis paruh bengkok saja yang harus kira rantai (tidak wajib) karena burung jenis paruh bengkok sangat kuat paruhnya terkadang bisa membuat sangkar burung menjadi rusak akibat di makan burung tersebut.

Burung paruh bengkok yang biasanya di pelihara adalah jenis burung nuri dan kakatua dan burung nuripun ada berbagai macam jenisnya mulai dari dari jenis nuri ternate nuri papua sedangkan burung kakatua terjadap jenis kakatua raja dan kakatua berjambul kuning dan lain lainya.

Berikut ini merupakan hal yang harus kita perhatikan dalam pemasangan rantai kaki pada jenis burung nuri dan burung kakatua.


1.Melakukan pemasangan rantai kaki pada jenis burung nuri dengan mengggunakan bahan yang terbuat dari besi dan jenis bahan yang terbuat dari kalep ( bahasa sehari hari ) biasanya kalep bisa di dapatkan pada sepatu sepatu bekas.

2.Perhatikan dalam pemasangan rantai kaki tersebut usahakan lubang tempat pergelangan kaki longgar tidak terlalu kuat apabila dalam pemasangan rantai tersebut terlalu kuat akan merusak maupun bisa menbuat kaki burung sakit.

Pemasangan rantai pada kaki burung
Pemasangan rantai pada burung jenis paruh benkok
3.Berilah jarak rantai kaki dengan ikatan tempat burung tersebut di ikat usahakan burung bisa leluasa bergerak anda bisa memberika panjang rantai tersebut dengan panjang 30cm untuk burung nuri dan 40 cm untuk burung jenis kakatua karena memang burung kakatua mempunyai ukurang badan yang besar.

Rantai burung juga bisa kita beli di pasar pasar burung dengan harga yang bervfariasi harga rantai burung berkisar 20 ribuan tergantung bahan yang di gunakan ada beberapa rantai burung yang terbuat dari besi putih maupun besi, tetapi bila kita terkendala dana kita bisa memanfaatkan barang bekas contohnya kawat bendrat yang sudah kita susun.
0 Komentar untuk "Tips memasang rantai pada kaki burung"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau