Cara merawat burung kutilang yang baru di beli dipasar

Banyak yang kurang mengerti pola cara merawat burung kutilang yang baru pertama kita beli di pasar burung,memang bisa di bilang pola cara merawat burung kutilang sangat mudah namun ini tidak berlaku bagi burung yang baru kita beli pertama tentukan asal burung tersebut apakah berasal dari penangkaran ataukah berasal dari hasil tangkapan liar lebih baik kita tanyakan saja ke penjual,atau apabila penjual burung kutilang tidak tau asalnya dari mana maka kita bisa mengetahuinya dengan cara melihat tingkah burung itu sendiri.

Cara merawat burung kutilang yang baru di beli dipasar

Ada 2 cara untuk mengetahui burung tersebut merupakan burung liar,tanda tanda burung kutilang liar tersebut adalah:
  1. Coba amati gerak gerik tingkah burung apabila kita dekati dan ternyata kelabakan maka bisa di pastikan burung tersebut masih liar
  2. Sediakanlah pakan burung berupa buah buahan dan voer siapkan pisang apabila burung tersebut memakan pisang dan voer yang kita sediakan ternyata tidak di makan maka burung tersebut hasil dari tangkapan liar di hutan maupun pekarangan.
Apabila kita membeli burung peliharaan jenis kutilang dari hasil penangkaran maka dengan mudah bisa kita lakukan perawatan rutin seperti biasa kita merawat burung kicau lainya,langkah baiknya kita membeli burung tersebut dari hasil penangkaran atau burung yang kita beli dari teman kita yang memang sudah lama merawat burung kutilang tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips cara mudah merawat burung kutilang yang baru kita beli di pasar burung antara lain

  • Apabila kita membeli burung tersebut yang tidak di tempatkan sangkar sewaktu baru kita bawa pulang kerumah melainkan dengan kantong kertas sebaiknya berikan lubang anging di kantong kertas tersebut kita bisa menyobek kertas untuk tempat keluar masuknya angin agar burung bisa bernafas lega.
  • Apabila burung telah sampai di rumah kita maka segeralah melepas pembungkus burung yang dari kantong kertas tersebut dan pindahkan ke sangkar baru.
  • Langkah ke tiga yaitu berikan pakan jenis buah-buahan pisang dan pepaya saja jangan memberikan pakan EF
  • Slanjutnya lakukan pengerodongan sangkar burung kutilang,dan lakukan pengkerodongan satu hari saja lalu kerodong kita buka
Selanjutnya adalah cara merawat burung kutilang,mandikan burung setiap 2 hari sekali namun kita bisa mengabaikan saja apabila burung kutilang sudah bisa mandi sendiri,kita hanya menyiapkan tempat air yang agak besar agar burung bisa mandi dengan sendirinya,berikan pakan setiap hari sediakan minuman dan tempatkan burung jauh dari keramaian pada dasarnya semua burung takut akan keberadaan heawan buas dan juga keberadaan manusia maka tempatkan sangkar di tempat sepi.
1 Komentar untuk "Cara merawat burung kutilang yang baru di beli dipasar"

jenis pisang apa yg baik diberkan buat burung kutilang

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau