Cara mengobati bintil bisul pada mata burung merpati

Dengan adanya penyakit bintil atau bisul maupun kutilen yang menyerang pada mata burung tentunya akan membuat burung tidak nyaman bahkan apabila bintil tersebut tidak segera kita obati maka yang akan terjadi adalah kebutaan,penyakit bintil atau bisulen biasa menyerang pada burung merpati (burung dara) namun penyakit bintil benjolan yang ada di sekitar kelopak mata juga bisa menyerang burung kicauan seperti burung cucak ijo maupun cendet,gejala awal penyakit bintil pada burung biasanya terlihat mata akan tampak berair dan memerah dan banyak penyakit bintil tersebut banyak yang menyebutnya caplak.

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan bintil benjolan pada mata burung merpati salah satunya adalah kurangnya kebersihan sangkar burung merpati langkah utama menangani penyakit bintil adalah membersihkan sangkar dari kotoran kotoran yang menempel di sangkar maupun yang ada pada bagian bawah sangkar burung sisa sisa kotoranya.
mengobati bintil bisul pada mata burung merpati
Burung Merpati

Ciri ciri utama bila burung akan terserang penyakit bintil adalah burung akan terbiasa menggosok gosokkan mata burung dengan sangkarnya dan ini akan sangat membahayakan bagi mata burung,tak hanya pada mata burung penyakit bintil juga bisa terjadi di kaki burung.
Baca Juga:Cara mengobati sakit mata pada burung murai batu (katarak)

Cara mengobati sakit bisulen atau bintil pada mata burung adalah dengan cara melakukan operasi kecil kecilan 

  • Langkah langkahnya adalah lakukan operasi bintil atau benjolan pada pinggir matanya dengan menggunakan pisau ataupun silet
  • Belah daging yang tumbuh tersebut dengan menggunakan silet
  • Belah menjadi 2 bagian kemudian kita masukkan obat
  • Jenis obat untuk mengobati bisul kutil pada burung merpati bisa menggunakan kapur (enjet)
  • Ambil kapus yang telah kita beri air dan agak sedikit pulen kemudian kita taruh di bagian bintil yang baru kita belah.
Untuk mempercepat penyembuhan bintil kita bisa menggunakan obat alami berupa dan sirih yang telah kita tumbuk dan kemudian kita ambil airnya setetes saja dan teteskan pada mata burung yang sakit mata tersebut,setelah langkah langkah di atas kita terapkan maka ulangi 3 hari sekali untuk pemberian kapurnya pemberian kapur berguna untuk mematikan bintil tersebut,setelah itu amati bagian mata burung yang benjolan sakit tersebut apabila ada pengempisan bintil ini menandakan bintil sudah akan sembuh.
Baca Juga:Cara obati burung katarak paling ampuh
Untuk itu bagi penggemar burung kicauan yang memiliki burung peliharaanya terkena penyakit bintil maka segeralah mengobatinya dengan cara diatas demikian informasi dari Burungperkicau.com
0 Komentar untuk "Cara mengobati bintil bisul pada mata burung merpati"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau