Cara mengobati mulut burung kenari yang berlendir

Kita bisa mengatasi serta mengobati mulut burung kenari yang berlendir dengan menggunakan ramuan minuman racikan yaitu dengan memberikan berupa air jahe perasan hanya 3 tetes saja dan teteskan pada mulut burung kenari tersebut sehari sekali dan berikan air perasan jahe tersebut sampai lendir yang ada pada mulut burung kenari sampai tidak keluar lagi,dampak yang akan terjadi bila mulut burung berlendir adalah burung akan malas berkicau serta burung akan malas makan.

Kemarin saya menyempatkan untuk berkunjung di pasar burung dan di sana juga banyak sekali burung yang terserang mulut berlendir namun rata rata burung yang terserang mulut berlendir tersebut sangkar burungnya sangat kotor sekali dan bila sangkar burung tersebut tidak secepatnya kita bersihkan maka bisa bisa burung akan sakit dan tentunya untuk mengobati burung yang sedang sakit di perlukan ketelatenan yang ulet.
Mulut berlendir

Kita bisa mengetahui burung terkena sakit mulut melalui kicauannya,apabila kicauan yang di keluarkan burung kenari tersebut mulai berkurang tidak gacor lagi dan suara agak serak tidak bersih nah dengan inilah kita bisa memeriksa kondisi fisik burung tersebut mulai darai badan burung sampai dengan mulutnya jenis jens burung yang biasa terkena penyakit mulut berlendir adalah kenari,burung cendet,burung cucak hijau dan pada dasarnya semua jenis burung juga rentan mulutnya berlendir.
Baca Juga:Cara merawat burung kenari untuk lomba perawatan harian dan kenari sakit

Cara mengatasi dan mengobati mulut burung kenari berlendir adalah

  • Selalu memperhatikan kebersihan sangkar burung,sebaiknya bersihkan sangkar burung setiap 2 hari sekali mulai dari membersihkan sisa sisa makanan yang menempel pada jeruji sangkarnya serta membersihkan alas bagian bawah sangkar yang banyak terdapat kotoran burung kenari tersebut.
  • Setelah sangkar kita bersihkan maka selanjutnya adalah menyemprot sangkar dengan menggunakan cairan disinfectant kemudian sangkar kita jemur.
  • Bersihkan tempat minuman dan tempat pakan serta pastikan tempat pakan tersebut benar benar bersih, sebaiknya kita cuci saja.
  • Upaya pencegahan agar burung mulutnya tidak berlendir yaitu dengan cara lakukan penjemuran pada burung namun penjemuran bisa kita lakukan sehabis burung tersebut kita mandikan
Sabagai tambahan sebaiknya berikan pakan yang teratur dan gantilah pakan dengan pakan yang baru jangan menunggu pakan tersebut habis,apabila pakan tersebut belum habis dan tercampur dengan air maka akan menyebabkan jamur pada pakan burung kenari tersebut.
2 Komentar untuk "Cara mengobati mulut burung kenari yang berlendir"

Di rebus atau tidak jahenya?

Di rebus atau tidak jahenya?

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau