Cara menjinakkan burung kutilang yang gesit

Bila kita mempunyai burung kutilang yang kita pelihara yang di dapatkan dari alam bebas (masih liar) tentunya cara untuk menjinakkan burung kutilang tersebut kita harus bersabar dan terus merawat burung kutilang itu sendiri, burung kutilang mempunyai sifat yang agresive bila di bandingkan dengan jenis burung lainya, sedangkan bila kita membeli burung kutilang dari pasar burung tentunya kita harus bisa memilih kualitas burung kutilang tersebut mulai dari memilih jenis kelamin dan suara yang bisa di hasilkan burung kutilang tesebut, untuk harga jenis burung kutilang yang dijual di pasar burung sangatlah beragam harganya oleh karena itu kita harus pandai cara menawar burung kutilang yang di jual di pasar tersebut.

Burung kutilang biasanya hidup dalam berkelompok satu kelompok bisa berjumlah 6 sampai dengan 15 ekor, untuk jenis makanan yang biasa di makan burung kutilang adalah jenis buah buahan terutama buah pisang, buah pepaya, burung kutilang menyukai warna makanan yang mencolok dan berbau tajam kadangkala burung kutilang menyukai jenis makanan nangka dan mangga matang.

menjinakkan burung kutilang yang gesit

Untuk cara yang bisa kita lakukan untuk menjinakkan burung kutilang yang tampak gesit adalah sebagai berikut

  • Memberikan perawatan rutin pada burung kutilang dengan cara menyediakan makanan dan minuman dan diletakkan di dalam sangkar burung
Untuk merawat burung kutilang agar menjadi jinak dengan menyediakan makanan baik itu buah buahan maupun makanan jenis voer, sedangkan jenis makanaan voer yang cocok untuk makanan burung kutilang tentu saya voer yang mengandung exstrak buah buahan, untuk memberikanan makanan buah buahan sebaiknya berikan buah tersebut dengan menggunakan tangan kita dan sesekali untuk memegang burung kutilang tersebut, bisa dipastikan bila terbiasa dengan bau tangan kita akan membuat burung tersebut menjadi cepat jinak dan juga cepat berkicau.
  • Menempatkan posisi yang tepat dimana meletakkan sangkar burung kutilang.
Untuk menempatkan sangkar burung tentunya harus mengetahui keadaan sekitar area yang bisa di jadikan tempat untuk menempatkan sangkar, penempatan sangkar yang tepat bisa taruh di teras maupun di bawah pohon yang rindang dan jauhkan dari hewan peliharaan lainya contonya kucing, untuk jenis burung lainya kita bisa menjinakkanya dengan cara yang berbeda pula
Baca:Cara menjinakkan burung yang gesit
Untuk saat ini harga burung kutilang yang sudah jinak berkisar 150 ribu rupiah saja ini harga yang sangat murah bila di bandingkan dengan jenis burung kicauan lainnya, dan untuk harga burung kutilang trucuk (burung trucukan) sedikit lebih murah berkisar 100 ribu rupiah saja.
7 Komentar untuk "Cara menjinakkan burung kutilang yang gesit"

burung kutilang saya sering saya beri makanan lauk pauk yang saya makan dan sepertinya si burung juga menyukai itu. apa ini akan membuatnya baik-baik saja? saya takut dia kenapa-kenapa. bahkan sehari saya tak memberinya makanan itu , dia seperti mencarinya

Cara menjinakkan burung kutilang dengan mengikuti cara maupun langkah ditas mas.

Sebenarnya untuk jenis makanan burung kutilan adalah buah buahan tetapi karena burung kutilang tersebut sudah terbiasa maka kemungkinan tidak akan membahayakan kesehatanya.

Saya br dpt ni burungkutilang..kayakx c mash muda...makanan yg cocok apa ya..ntrus tips agar dia pandai berkicau apa ni

Jenis makanan yang cocok untuk jenis anakan burung kutilang adalh jenis buah-buahan kita bisa memberikan buah pisang yang sudah matang.

Terimakasih sangat bermanfaat gan ,,

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau