Cara unik membedakan Samyong Jantan danBetina

Cara unik membedakan Samyong Jantan danBetina-burung Samyong merupakan salah satu burung yang terkenal langka dan memiliki bulu yang menarik burung ini juga terbilang sangat unik diantara beberapa burung lainya karena kecerdasan otaknya yang mampu merekam suara burung-burung yang tidak sejenis contohnya burung cendet beo cucak hijau dan lainya.Tak hanya itu saja suara kicauan lagu yang dibawakan oleh burung samyong bisa bener-bener mirip dengan suara burung yang ditirukanya, hingga banyak orang mengatakan burung samyong adalah burung penjiplak yang sempurna karena menghafalkan suara yang mirip dengan aslinya.

Wilayah habitat burung samyong

Berasal dari salah satu pulau di indonesia yaitu Nusa tengara. Sempat pernah saya bertanya sama teman saya yang asli penduduk kupang, bahwa burung ini sekarang mulai sulit untuk kita temukan sebab sekarang banyak orang yang mengambil dengan cara menjaring induknya dan juga menjeratnya

Populasi burung samyong juga semakin semakin menurun.Senenarnya tempat habitat  Mereka suka hidup di hutan kering dataran rendah sertamemakan serangga diranting-ranting pohon.Burung samyong berasal dari keluarga Pachycephalidae dan masuk dalam Genus Pachycephala, berukuran sedang hampir seukuran kutilang, dengan panjang kira-kira 16-19cm

Berikut cara membedakan samyong jantan dan betina :

Untuk jenis Samyong jantan
1. Memiliki bulu tubuh hijau tua seperti daun.
2. Ekor berwarna hitam gelap
3. Kepala berwarna hitam
4. Leher burung samyong jantan dewasa tidak
memiliki bulu serta berwarna merah jambu
5. Kepala samyong jantan cenderung berbentk
lonjong serta paruhnya panjng.
6. Bagi samyong jantan trotolan tidak seperti
diatas, justru mirip seperti betina, perbedanya
hanya terdapat pada pinggiran sayap serta
ekornya berwarna coklat kemerahan.

Sedangkan Samyong betina ciri cirinya adalah:

1. Memiliki bulu tubuh kuning kehijauan
2. Warna ekor sama dengan warna tubuh, tidakhitam melaikan kuning kehijauan
3. Kepala berwarna abu-abu tua
4. Leher burung samyong betina dewasa akan tetap memiliki bulu, jadi sangat jelas perbedaansaat dewasa
5. Bentuk kepala cenderung bulat serta memiliki paruh yang lebih pendek dari jantanya.Musim kawin pada burung samyong terjadi antara bulan Januari hingga bulang mei, tepatnya pada saat musim penghujan datang.Burung samyong sangat pandai mengakamuflasekan sarangnya, sarang yang terbuat dari lumut hutan yang berwarna hijau serta menempel pada dahan pohon. Sehingga akan teramat sulit untuk kita temukan karena memang warna sarangnya sangat mirip dengan warba keadaan lingkungan di sekitarnya. Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengetahui jenis samyong jantan dan betina.
0 Komentar untuk "Cara unik membedakan Samyong Jantan danBetina"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau