Cara merawat dan beternak bebek agar cepat bertelur

Saat ini usaha beternak bebek sangat menjanjikan selain harga telur bebek yang mahal daging bebek juga memiliki nilai jual yang tinggi semakin banyaknya permintaan daging bebek maka banyak sekali masyarakat berlomba lomba beternak bebek tersebut harga satu butir telur bebek saat ini tahun 2017 seharga 2400 rupiah sedangkan harga bebek dewasa perekor berkisar 36 ribu rupiah dan beternak bebek merupakan usaha yang sangat mudah sekali,ada 2 teknik cara beternak bebek adalah 1.beternak dengan sistem umbaran 2.beternak bebek dengan cara di kandang namun yang paling efektif dan banyak diterapkan peternak adalah beternak bebek dengan menempatkan bebek di dalam kandang.

Adapun keuntungan dan kerugian bila beternak bebek menggunakan umbaran dan beternak di dalam kandang adalah

  • Beternak dengan cara di umbar (umbaran)
Keuntunganya adalah kita tidak susah susah untuk membersihkan kandang setiap hari,Dalam hal pakan.untuk pakan bebek juga sangat irit karena bebek akan kita umbar di persawahan dan biarkan bebek mencari pakan di sawah dan ini akan sangat menguntungkan kita tidak perlu membeli pakan bebek dalam jumlah yang besar

Kerugian beternak bebek dengan cara diumbar (umbaran) adalah apabila bebek di biarkan mencari makanan sendiri di sawah maka perlu kita berikan 1 sampai 2 orang pengawas (tukang angon bebek) bertugas mengawasi bebek yang berkeliaran apalagi bebek yang kita miliki berjumlah ribuan ekor bebek.
Bebek akan rawan hilang,jumlah produksi telur bebek sedikit.
  • Beternak dengan cara di tempatkan di dalam kandang
Keuntungan bebek di taruh di dalam kandang adalah bebek selalu terjaga keamananya,kita tidak perlu mengawasi apabila kita tempatkan di dalam kandang namun berbeda sekali bila kita umbar kita butuh orang untuk mengawasinya,jumlah telur bebek yang di hasilkan banyak

Kerugian beternak bebek di dalam kandang adalah kita perlu menyediakan pakan bebek dalam jumlah yang banyak dan juga kita perlu membersihkan kandang bebek setiap hari
Baca juga: Panduan cara beternak burung puyuh agar cepat bertelur
Cara merawat dan beternak bebek agar cepat bertelur
Memelihara Bebek

Apabila kita ingin beternak bebek yang nantinya akan kita ambil telurnya maka yang perlu kita perhatikan adalah pemberian pakan bebek yang tepat dan pakan yang bergizi dan ini akan menghasilkan telur bebek menjadi banyak,namun bagi peternak pemula yang ingin merintis beternak bebek maka silakan simak di bawah ini.

Cara agar bebek bertelur banyak setiap hari adalah

  1. Apabila bebek di taruh di dalam kandang (perlu kandang yang luas) maka bebek perlu kita berikan pakan yang bergizi,pakan yang bergizi bagi telur akan membantu proses pembentukan telur,gizi protein yang kita berikan pada bebek juga membantu pembentukan isi telur yang sempurna telur tidak lembek dan juga telur tidak akan menjadi abnormal.dan banhkan ada peternak bebek yang bertanya,mengapa bebek tidak bertelur? dan ini bisa jadi usia bebek belum siap bertelur maupun jumlah pakan yang di berikan pada bebek sangat kurang.
  2. Waktu yang di butuhkan bebek untuk bertelur adalah 25 sampai dengan 26 jam saja
  3. Bagi peternak bebek pemula sebaiknya memulai dengan memelihara bebek berjumlah tidak lebih dari seratus ekor dan belilah bebek yang sudah berumur atau sudah siap bertelur
  4. Apabila bebek kita umbar sebaiknya kita mandikan di sungai (kita giring di sungai)
Cara merawat bebek yang baik dan benar supaya bertelur setiap hari meliputi
  • Berikan pakan bebek setiap hari pemberian pakan sebaiknya pada pagi hari,siang hari dan juga sore hari
  • Apabila jumlah telur yang di hasilkan berkurang maka perhatikan jenis pakan yang kita berikan,biasanya apabila kita berikan jenis pakan yang berbeda maka ini akan berpengaruh terhadap produksi telur bebek tersebut.
  • Bebek mulai bertelur pada umur 5 sampai 6 bulan
Demikianlah kiat cara beternak dan merawat bebek agar cepat bertelur serta bisa menghasilkan produksi telur yang banyak mudah mudahaan bagi yang ingin beternal artikel ini bisa membantu usaha anda.
0 Komentar untuk "Cara merawat dan beternak bebek agar cepat bertelur"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau