Cara Mengatasi Burung Cucak Hijau Mbagong (diam)

Burung cucak hijau merupakan burung yang paling laris di pasaran dan banyak sekali peminatnya bahkan di beberapa pasar burung banyak yang menjual burung cucak hijau dengan harga yang sangat murah di kalimantan kota tarakan dan nunukan burung cucak hijau leher kuning harganya berkisar 180 ribuan sedangkan harga cucak hijau yang memiliki warna hitam pada bagian lehernya yang berjenis kelamin jantan harganya sedikit lebih mahal yaitu 300 ribuan saja namun berbeda sekali bila di bandingkan dengan harga cucak ijo di wilayah jawa harganya sangat fantastis lumayan mahal.

Baca Juga:Cara menijakkan burung cucak hijau liar hasil tangkapan di hutan.

Burung Cucak Hijau Mbagong (diam)

Harga burung cucak hijau di jawa memang mahal ini karena di pulau jawa burung cucak hijau jarang sekali kita temukan namun bila di kepulauan kalimantan burung ini banyak sekali kita temukan.sebagai catatan bila kita membeli burung cucak hijau di pasar burung yang masih liar hasil tangkapan di hutan maka burung tersebut akan mbagong saja atau hanya diam saja di sangkar burung ini perlu kita latih dan juga perlu kita jinakkan terlebih dahulu.

Tanda tanda penyebab burung mbagong mbalon/diam adalah burung cucak hijau ketika kita dekati kelabakan namun ketika kita jauhkan dari keramaian maka hanya diam di sangkar saja,atau bisa di asumsikan burung tersebut sedang sakit.maka bila para penggemar burung kicauan yang memiliki burung cucak hijau yang hanya mbagong (nyekukruk) maka segeralah memberikan perawatan rutin setiap hari.

Kiat Tips Cara Mengatasi Burung Cucak Hijau Yang Mbagong adalah:

  1. Biasakan tempatkan sangkar burung pada keramaian,ini di lakukan agar burung terbiasa akan keberadaan manusia
  2. jauhkan sangkar burung terhadap hewan liar lainya seperti kucing dan juga anjing ini bertujuan agar burung tidah takut
  3. Bila di perlukan lakukan usaha teknik umbaran, mengumbar burung dalam lingkungan terbuka dengan kandang yang luas namun berikan juga pakan di sangkar tersebut
  4. mandikan burung cucak hijau setiap pagi hari dan malam hari.
  5. Berikan pakan tambahan berupa pakan foer dan yang harus kita ketahui adalah makanan kesukaan burung cucak hijau adalah jenis buah buahan seperti pisang dan pepaya.
Lakukan cara  diatas selama satu bulan agar burung cucak hijau tidak mbagong setelah itu berikan pemasteran burung cucak hijau dengan cara memberikan suara suara burung kicau atau tempatkan burung dengan burung lainya namun burung yang akan kita tempatkan sudah terbilang burung masteran.
 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau