Ciri Ciri Burung Murai batu Medan Asli

Mengenal burung murai batu medan-Burung murai batu medan merupakan jenis burung yang memiliki ekor panjang maka bagi kalangan penggemar burung kicauan burung murai batu medan sangat bagus untuk di pelihara selain memiliki warna yang nyentrik burung ini ekornya menjulang tinggi dan termasuk golongan family turtidae.daerah perkembangbiakan burung murai batu tersebut meliputi jawa,sumatra,kalimantan,saat ini harga burung murai di jual di pasaran sekitar 500 ribu rupiah untuk 1 ekor burung dewasa sedangkan harga anakan burung murai sekitar 350 Ribuan.

Baca juga: Mengenal burung murai batu borneo kalimantan

ekor burung murai batu medan

Banyak yang salah pengertian bahwa burung murai batu medan di kira berasal dari medan akan tetapi sebenarnya burung tersebut berasal bukan dari medan asli,namun berasal dari lokasi lain contohnya di sumatra utara dan juga aceh.bentuk badan burung murai batu memiliki badan yang kokoh serta tegap pada bagian ekor sangat panjang dan menjulang ke atas,untuk suara burung murai sangat bagus sekali memiliki nada suara yang tinggi bahkan apabila kita berikan suara masteran pasti burung murai batu medan akan bisa meniru suara burung dengan sangat baik,dan yang perlu kita perhatikan adalah cara perawatan burung murai itu sendiri.

Karena burung murai batu medan suaranya bagus maka burung tersebut paling banyak diminati para kicaumania di indonesia,bagi kalangan pengemar burung agar tidak salah membelinya maka kita harus mengetahui tanda tanda burung murai batu medan yang asli.karena burung murai batu medan yang asli memiliki ciri-ciri tersendiri yang lebih spesial, walaupun demikian kemiripan burung murai batu medan di manfaatkan para penjual burung tersebut untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda,apakah anda pernah dengar murai batu medan super? sebenarnya burung murai batu super hanya di namai oleh penjual (pedagang).

Berikut Ciri-Ciri Burung Murai Batu Medan Yang Asli Super

  1. Lihatlah pada bagian ekornya pada umumnya burung murai batu memiliki ekor yang panjang untuk ukuran panjang murai batu bisa mencapai 25 cm labuh,serta melengkung menjulang ke atas.
  2. Burung murai batu medan memiliki postur badan yang kokoh tegap dan terlihat gesit,maka dari itu bandingkanlah dengan melihat posturnya burung murai yang asli pokoknya badanya besar berekor panjang serta badanya tegap.
  3. Lihatlah pada nagian bulunya,warna pada bagian badanya tampak mengkilap apalagi ketika bulu burung tersebut terkena sinar matahari akan memancarkan warna kebiru biruan.
  4. Warna kaki terlihat merah sedikit gelap.
  5. Apabila burung medan asli sudah berusia dewasa maka kakinya akan nampak ada sisiknya.
  6. Pada bagian ekornya terdapat warna putih.
  7. Apabila burung tersebut berkicau maka ekornya akan terlihat terbuka mekar.

Cara mengetahui ciri ciri murai batu medan asli berdasarkan ekornya.

  •  Jumlah Helai bulu ekor burung murai batu medan yang asli berjumlah 4 pasang bulu dan ada strip hitam di pola ekornya.
  • Panjang ekor sekitar 14 cm sampai dengan 27 cm.
Demikianlah ulasan sederhana cara mengetahui ciri ciri murai batu asli sebelum membeli maka cermati dan telitilah jangan sampai tertipu, kepingin membeli yang kualitas super namun yang di dapat murai batu yang kualitasnya biasa.
 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau