5 Cara mengatasi kegemukan pada burung kenari

Ciri-ciri burung kegemukan bisa kita lihat pada kondisi fisik burung kenari tersebut dan yang pastinya bisa kita lihat badan yang gemuk dan gerakan burung kurang lincah dan hanya terdiam saja di tangkringan tidak mau ngoceh sedangkan penyebab burung kenari kegemukan adalah burung terlalu banyak makan seperti berlebihan dalam memberikan pakan telur dan kurang gerak biasanya terjadi burung yang di tempatkan pada sangkar yang sempit,akibat berlebihan asupan gizi yang masuk pada burung kenari maka ini akan terjadi penumpukan lemak pada burung tersebut.

Cara mengatasi kegemukan pada burung kenari

Akibat penumpukan lemak pada burung kenari akan berdampak negatif yang akan menjadikan burung kenari kegemukan,bisanya burung yang biasanya bisa mudah gemuk adalah burung kenari yang berjenis kelamin betina untuk itu kita sebagai pemilik burung attaupun penangkar burung harus bisa mengatasi burung yang kegemukan tersebut.

Sebenarnya untuk mengurangi kegemukan pada burung kanari bisa kita lakukan dengan cara pemberian pakan maupun takaran yang tepat,pakan yang baik dan bagus untuk burung kenari adalah jenis sayur sayuran segar,selain itu pemberian pakan berupa telur juga harus kita berikan dosis yang tepat apabila pemilik burung memberikan pakan berupa EF maka segeralah di hentikan untuk sementara waktu untuk selengkapnya bisa kita simak langkah langkah mengatasi kegemukan pada burung berikut ini.

Burung kenari gemuk? lakukan 5 cara mengatasinya berikut ini

  1. langkah pertama mengatasi burung kenari gemuk adalah dengan cara memindahkan sangkar burung yang sempit tersebut kedalam sangkar yang lebih luas,ini di maksudkan agar burung leluasa terhadap sangkar barunya dan akan membuat burung leluasa terbang gerak kesan dan kemari,sediakan hanya 2 tangkringan saja di dalam sangkar burung yang luas tersebut.
  2. Apabila burung sering kita berikan pakan berupa telur burung puyuh maka segeralah kita kurangi pemberian telur burung puyuh tersebut,sebaiknya berikan telur burung puyuh setiap 5 hari  sekali.hentikan pakan yang berupa biji bijian dan kita ganti dengan memberikan sayur sayuran segar.
  3. Sebenarnya ada obat untuk mengatasi burung kegemukan kita bisa berikan vitamin berupa orbird dan vitamin ini di percaya ampuh untuk mengurangi beran badan yang berlebih akibat kegemukan,vitamin orbird bisa kita berikan pada burung kenari dengan cara mencampurkan orbird kedalam air minum burung.
  4. Berikan sayuran berupa kol,sawi dan letakkan pada sisi tangkingan
  5. Penempatan tempat air minum burung harus kita letakkan pada sisi tangkringan ini akan membuat burung berpindah tempat terbang dan membuat burung beraktivitas dan bagus untuk menurunkan berat badanya
Demikianlah informasi 5 cara mengatasi burung kenari yang kegemukan untuk tips diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya,apabila pembaca mempunyai tips cara yang lain bisa di tambahkan di kolom komentar di bawah ini.
0 Komentar untuk "5 Cara mengatasi kegemukan pada burung kenari"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau