Cara merawat burung di musim hujan

Cara merawat burung di musim hujan-Untuk merawat burung kicau peliharaan kita ketika musim hujan tiba memang kita sebagai pemilik burung kicauan diperlukan usaha yang bisa terbilang menguras tenaga namun terlepas hal tersebut ini juga akan memberikan dampak baik bagi burung,dengan adanya pergantian musim panas ke musim penghujan maka tentunya akan berdampak buruk bagi burung kicauan,dampak buruknya adalah burung akan macet bunyi dan parahnya adalah burung akan mudah terserang penyakit,sebagai pemilik burung dirumah tentunya kita harus selalu merawat burung tersebut dan pola cara merawat burung ketika di musim hujan ini berlaku untuk semua jenis burung kicauan.
merawat burung di musim hujan

Ada berbagai manfaat apabila burung kicau kita mandikan dengan air hujan salah satunya adalah burung akan lincah,sehat dan penghilang stres bagi burung namun ada baiknya bila kita memandikan burung dengan air hujan maka jangan terlalu sering mungkin,untuk memandikan burung dengan air hujan sebaiknya di lakukan pada pagi hari saja setiap 1 minggu sekali.
Ada baiknya kita memandikan burung ketika hujan belum deras untuk itu kita bisa meletakkan sangkar burung diluar ruangan agar burung secara langsung mendapatkan air hujan secara langsung,dan perlu di perhatikan bila burung akan kita mandikan yaitu jangan terlalu lama burung kita mandikan kita hanya perlu memandikanya selama 20 menit saja sudah cukup.

Setelah burung kita mandikan maka selanjutnya adalah burung kita lap atau kita bersihkan dengan kanebo atau lab dengan kain kering ini di lakukan agar bulu burung cepat kering,tujuan membersihkan air pada bulu burung memang perlu kita lakukan ,maksudnya adalah bahwa apabila musim hujan tiba maka tentu saja sinar matahari akan berkurang dan burung tidak bisa kita keringkan dengan hangatnya sinar matahari maka dengan menggunakan kain kering inilah bertujuan untuk mengeringkan bulunya.

Berikut cara merawat burung kicau di saat musim hujan tiba

  1. Untuk merawat burung tersebut kita bagi menjadi 3 bagian yang pertama adalah kebersihan sangkar,kesehatan burung dan makanan burung
  2. Apabila musim hujam maka sangkar burung akan rentan terhadap kerusakan sangkar yang di akibatkan oleh jamur yang menempel di kayu, sebaiknya bila di musim hujan selalu perhatikan sangkar harus benar benar kering,sebaiknya bersihkan sangkar yang terlihat basah dengan menggunakan kain kering,dan juga kotoran burung yang terletak pada bagian sangkar harus kita bersihkan sampai bersih.
  3. Kesehatan burung, untuk merawat burung saat musim hujan sebaiknya sangkar burung kita kerodong, untuk mengkerodong burung sebaiknya pada saat hujan deras,pemberian kerodong dimaksudkan agar badan burung tidak kedinginan dan akan mencegah burung terkena penyakit
  4. Untuk makanan burung sebaiknya kita berikan berupa pakan kering bisa berupa voer,dan untuk minuman juga bisa kita berikan minuman rajikan ,minuman racikan ini bisa membuat badan burung hangat.
0 Komentar untuk "Cara merawat burung di musim hujan"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau