Cara mengobati sakit tetelo pada burung murai dan unggas

Penyakit tetelo atau ayan bisa menyerang burung ciri ciri burung yang terkena penyakit tetelo adalah burung akan tampak kejang kejang dan biasanya penyakit tetelo menyerang jenis burung murai batu dan juga lovebird namun yang paling banyak kita temui penyakit tetelo atau ayan ini menyerang unggas seperti ayam,bagi peternak ayam maupun peternak burung kicauan penyakit tetelo ini merupakan hal yang sangat menakutkan,banyak yang beranggapan apabila burung yang kita pelihara ataupun unggas terkena tetelo ayan maka penyakit tetelo tersebut akan menular ke burung maupun unggas lainya.

Penyakit tetelo ini banyak menyerang burung kicau di saat musim pancaroba yang mana pada musim pancaroba burung maupun unggas tersebut masih dalam tahap menyesuaikan diri terhadap suhu maupun lingkungannya termasuk kelembaban udara,apabila burung dan unggas masih dalam tahap menyesuaikan diri terhadap suhu tersebut maka daya tahan tubuh burung akan berkurang dan ini akan mengakibatkan bakteri atau virus akan mudah masuh ke dalam tubuh burung tersebut lalu virus akan berkembang biak akhirnya burung akan terserang tetelo.

Penyakit tetelo atau ayan

Penyakit ayan atau tetelo adalah sejenis virus genus paramyxovirus dan virus ini biasa menyerang organ organ vital seperti alat pernafasan pada burung,saraf dan juga menyerang sistem pencernaan.apabila burung kicau sudah terkena penyakit tetelo ini maka bisa di pastikan kecil kemungkinan burung tersebut untuk sehat kembali (Kemungkinan untuk hidup kecil).

Ciri ciri burung yang terkena penyakit tetelo atau ayan adalah

  • Lihatlah pada bagian fisiknya apabila burung tersebut kejang kejang maka bisa di pastikan burung terkena ayan
  • Lihat dan teliti pada bagian kepalanya,pada burung murai batu yang terkena penyakit tetelo maka kepala burung akan terlihat memutar mutar atau thelo
  • Paruh burung yang yang terkena penyakit tetelo akan cenderung membuka
  • Sayapnya akan melemas terkulai kebawah
  • Bagian tubuh burung yang terkena penyakit tetelo cenderung bergetar
Apabila burung yang kita pelihara telah bisa dipastikan terkena penyakit tetelo maka burung tersebut harus kita sembuhkan agar nantinya burung yang terkena tetelo tidak menular ke burung lainya

Cara mengobati sakit tetelo pada burung kicau ,pada burung murai

  1. langkah langkah utama yang harus kita lakukan adalah menjauhkan burung yang terkena penyakit tetelo terhadap burung yang sehat,tempatkan burung yang terkena tetelo kedalam sangkar yang berbeda lalu jauhkan (tempatkan ditempat lainya)
  2. Salah satu obat yang paling manjur untuk mengobati sakit tetelo dan juga usaha pencegahan adalah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh burung tersebut,maka dari itu segeralah memberikan perawatan secepatnya mulai dari memberikan pakan yang bergizi serta memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar
  3. Bersihkan sangkar dari sisa sisa kotoran burung
Saat ini obat alami untuk mengobati burung yang terserang tetelo  namun kita bisa memberikan obat berupa antibiotik,obat antibiotik bisa kita beli di toko toko di pasar burung.
0 Komentar untuk "Cara mengobati sakit tetelo pada burung murai dan unggas"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau