Cara tepat merawat burung sikatan jawa

Burung sikatan terdiri dari berbagai jenis untuk yang berada di kepulauan jawa di sebut burung sikatan jawa dan biasnya masyarakat sekitar menyebutnya burung kapasan ciri utama burung sikatan adalah bentuk pada bagian ekor burung yang mirip seperti kipas memang bila burung kapasan tersebut sedang berkicau akan membuka ekornya seperti kipas dan memiliki suara kicauan yang khas dan merdu pada bagian badanya terdapat bulu yang berwarna hitam muda dan memiliki alis berwarna putih sedangkan untuk ukuran tubuhnya sebesar burung kutilang saja.

Sarang burung sikatan

Jenis makanan kesukaan burung sikatan adalah jenis serangga cacing dan bahkan kotoran hewan lainya sedangkan untuk daerah habitat burung sikatan banyak kita temukan di persawahan dan perkebunan saja untuk sarang burung sikatan kita bisa dengan mudah menemukanya di ranting pohon asam pohon bambu dan bentuk sarangnya sangat kecil sekali menyerupai mangkok kecil saja.

Cara mengetahui jenis kelamin burung sikatan antara yang jantan dan betina adalah

  • Burung sikatan jantan memiliki warna bulu yang sebagian besar warnanya dominan hitam pekat
  • Sedangkan untuk sikatan yang berjenis betina ciri cirinya adalah warna bagian bulunya lebih cenderung berwarna hitam kusam agak kecoklat coklatan

Cara merawat burung sikatan yang harus kita lakukan adalah

  1.  Setiap 2 hari sekali lakukan penjemuran burung sikatan dengan cara menempatkan sangkar burung ke area yang ada cahaya mataharinya, ini dilakukan agar burung mendapatkan udara yang segar dan cahaya yang menyehatkan tubuh
  2. Penjemuran dilakukan pada pagi hari pada pukul 6 pagi sampai jam 7 pagi
  3. Setelah melakukan penjemuran sebaiknya burung dimandikan dengan cara menyemprot dengan air bersih kemudian kita lakukan penjemuran lagi sekita setengah jam saja ini di lakukan agar bulunya cepat kering
  4. Jangan lupa untuk selalu membersihkan sangkarnya
  5. berikan pakan yang tepat dan berikan minuman dan taruhlah di dalam wadah yang ada di dalam sangkarnya
jenis pakan yang bisa kita berikan untuk burung sikatan adalah ulat kandang dan serangga kita bisa memberikan makanan tambahan berupa voer, setelah burung sikatan kita jemur selama setenga jam kemudian kita tempatkan sangkar burung yang jauh dari keramaian ini di lakukan agar burung tidak kelabakan akibat adanya keberadaan manusia.

Pada sore hari burung sikatan kita semprot ulang sedikit saja hanya membasahi bagian bulunya saja atau kita bisa memberikan air yang sudah kita tuangkan kedalam wadah yang agak besar nantinya burung sikatan bisa mandi sendiri kebiasaan burung sikatan adalah sering mandi karena daerah habitatnya lebih suka hidup di daerah yang lembab seperti pinggir sungai demikianlah cara tepat merawat burung sikatan untuk melatih burung menjadi gacor maka berikan pakan ef berupa ulat hongkong dan jangkrik maupun kroto.
0 Komentar untuk "Cara tepat merawat burung sikatan jawa"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau