Cara mudah merawat ayam kampung meliputi perawatan kandang

Berikut ini merupakan ulasan sederhana tentang cara merawat ayam kampung namanya saja kampung biasanya ayam jenis ini banyak kita temukan di perkampungan biasanya untuk pemilik ayam kampung terkadang kurang memperhatikan kondisi ayamnya dan biasanya sang pemilik ayam tersebut membiarkan begitu saja berkeliaran di mana saja.

Biasanya untuk jenis ayam kampung tidak memerlukan kandang sangkar tetapi alngkah baiknya disediakan kandang ayam hanya untuk sekedar istirahat di malam hari, ayam termasuk hewan yang mudah di jinakkan maka dari itu banyak penggemar ayam yang banyak mulai beternak ayam tersebut karena memang ayam sangat mudah untuk di ternakkan.
Merawat ayam kampung dengan tepat
Terlihat segerombolan ayam kampung sedang makan

Untuk jenis ayam sangatlah beragam dan untuk ayam jenis aduan adalah jenis ayam bangkok, tetapi kalau untuk ayam yang pandai tertawa tentu saja namanya ayam ketawa He. He...

Berikut cara yang bisa kita lakukan untuk merawat ayam kampung secara sederhana.


  • Bila ayam kampung tidak mempunyai kandang maka saat ini juga sediakanlah kandang.
  • Untuk jenis ayam kampung itu sendiri mempunyai jenis makanan yang beragam mulai dari beras (nasi sisa)  gabah, batang pohon pisang maupun hewan kecil lainya maka dari itu cukup sediakan makanan seperlunya saja setelah itu biar ayam mencari makanan dengan sendirinya.
  • Sediakanlah tempat untuk bertelur ya ini memang menjadi pilihan dari pada bertelur entah dimana (rugi), tempat bertelur untuk ayam kampung biasa di sebut tarangan, untuk cara membuat tarangan ayam anda bisa memanfaatkan jerami sebagai alasnya, atau bisa menggunakan kain bekas.
  • Merawat kandang ayam, lakukan perawatan kandang ayam setiap 2 hari atau 1 hari sekali dengan catatan kandang tersebut berisi ayam yang banyak.
  • Pembersihan kandang, pembersihan kandang bisa di lakukan dengan cara menyapu pada bagian bawah kandang karena kotoran ayam banyak ditemukan di bagian bawahnya.
Nah itulah beberapa tips sederhana yang bisa kita lakukan untunk memberi perawatan ayam kampung tersebut dan jangan lupa periksa kondisi kesehatan ayam dengan cara melihat tigkah laku ayam itu sendiri sedangkan untuk beternak ayam kampung dengan cara teknik umbaran sediakan sarang tempat bertelur yang sudah saya bahas di artikel di atas
 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau