Mengenal 5 jenis burung pleci dan ciri cirinya

Ada beragam jenis burung pleci yang ada di sekitar kita seperti pleci jenis kacamata yang yang banyak kita jumpai di pohon ciplukan maupun pohon yang banyak bunganya burung pleci adalah burung penghisap madu maupun nektar sebagai makanan utamanya dan tahun lalu burung pleci merupakan burung yang paling di minati para penggemar burung kicauan, suara yang di hasilkan burung tersebut sangat bagus dan beraneka ragam suara namun burung pleci tidak bisa kita berikan suara masteran burung karena burung pleci tidak bisa menirukan kicauan burung dengan jenis yang berbeda namun berbeda dengan burung cendet, burung cendet mampu menirukan ragam jenis suara burung seperti pleci, kutilang dll.

Mengenal 5 jenis burung pleci dan ciri cirinya
Namun ada juga burung pleci jenis Auriventer burung ini memiliki ciri ciri pada bagian badannya khususnya bulunya agak tampak gelap dan untuk ukuran badanya lebih besar bila di bandingkan dengan jenis pleci lainya,burung ini juga paling banyak di gemari khususnya di negara singapura dan juga vietnam, burung pleci ini bisa kita berikan isian atau masteran kicauan burung dan bila burung tersebut sudah pandai kicau maka untuk harga burung pleci per ekornya bisa mencapai jutaan sampai puluhan juta rupiah harga yang sangat mahalkan.

Sebagai pemilik burung pleci harus tahu pola cara merawatnya tetapi jangan khawatir cara merawat burung pleci terbilang gampang selain itu burung ini juga banyak di ikut sertakan dalam ajang perlombaan burung kicau.mari kita bahas 5 jenis burung pleci beserta ciri cirinya.

Berikut 5 jenis-jenis burung pleci beserta ciri cirinya

  1. Jenis burung pleci Buxtoni ciri ciri burung tersebut adalah postur kecil dengan bagian bulu dada berwarna abu abu serta punggung berwarna hijau, Pleci Buxtoni memiliki suara kicauan yang nyaring dan jernih dan banyak di pakai untuk ajang perlombaan burung kicau.
  2. Pleci Dakun macok (Mata Coklat) untuk jenis pleci dakun macok banyak di jual di beberapa pasar burung dan masih banyak kita temukan di alam bebas, Pleci mata coklat mampu mengeluarkan kicauan yang keras dan lantang serta varian namun kicauanya tidak sekeras pleci mata putih.ciri ciri pleci dakun macok adalah warna bagian dada kuning serta bagian punggung hijau agak ke kuning kuningan sedangkan bagian iris matanya berwarna coklat.
  3. Selanjutnya jenis pleci mata putih, Pleci mata putih merupakan jenis burung yang paling di gemari di tanah air burung ini terkenal dengan sebutan Pleci Muria burung ini juga bisa kita berikan suara masteran kicau burung.
  4. Jenis pleci auriventer, burung ini merupakan jenis burung yang langka dan harga nya juga sangat mahal bila di bandingkan dengan pleci lainya, ciri ciri burung pleci Auriventer adalah bulu dada berwarna abu abu punggung berwarna  hijau tua dan daerah perkembanganya banyak kita temukan di sumatera dan juga aceh.
  5. Pleci montanus, atau bisa di sebut juga pleci gunung ciri cirinya berbadan besar panjang dan pada bagian bulu dada berwarna abu abu sedangkan pada bagian punggung warnanya agak kuning ke hijauan sampai sayap, untuk suaranya sangat bagus dan keras.
Demikianlah berbagai jenis burung pleci yang ada di sekitar kita dan untuk saat ini harga burung pleci di pasaran menurun drastis harganya dan kalah bersaing dengan jenis burung kenari untuk satu ekor burung kacamata (pleci) harganya 150 ribuan saja.
 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau