Cara cepat menggemukkan sapi brahman yang kurus

Saat ini harga daging sangatlah mahal ini di karenakan kebutuhan masyarakat indonesia sangat tinggi khususnya jenis daging sapi harga daging yang melonjak di karenakan pasokan daging dalam negeri menipis dan proses impor daging yang di ambil dari negara lain juga belum bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri,maka dari itu dengan kesempatan ini masyarakat juga berlomba lomba untuk membuka usaha penggemukan sapi.

Jenis sapi brahman memang sangat di cari di pasaran ini di karenakan sapi brahman memiliki ukuran tubuh yang besar dan cara untuk menggemukkan sapi tersebut sangat mudah,tetapi untuk membuka bisnis penggemukan sapi yang baik dan tentunya bisa berhasil nantinya maka di butuhkan tenaga exstra dan ketelatenan seperti pemilihan bibit sapi brahman dan pola cara merawat sapi tersebut

Gambar Sapi Brahman Yang Gemuk

Ada beberapa jenis sapi yang mudah untuk kita gemukkan seperti jenis sapi jawa, Sapi bali dan juga sapi Brahman tetapi banyak yang memilih sapi jenis brahman untuk di jadikan bisnis penggemukkan tersebut maka dalam kesempatan ini bagi anda khususnya pemula yang ingin memulai membuka usaha proses menggemukkan sapi harus tahu betul caranya ini di maksudkan nantinya kita tidak akan merugi.

Cara Penggemukkan Sapi Brahman dengan menggemukkan sapi melalui proses Kereman,kareman disini maksudnya adalah sapi brahman akan di gemukkan dengan cara menaruh sapi di kandang tertutup supaya pertumbuhan sapi menjadi sangat cepat dan ini akan meningkatkan berat badanya ini karena sapi tidak banyak bergerak sehingga kalori yang ada tubuh sapi tidak banyak terbakar sehingga sapi cepat gemuk dan tidak akan kurus.


Proses menggemukkan sapi brahman dengan cara merawat setiap hari

Jenis Sapi brahman yang akan kita gemukkan  selanjutnya kita rawat setiap hari kemudian kita berikan makanan maupun asupan gizi tambahan bagi sapi agar tubuh sapi semakin vit dan tidak sakit cara memberikan makanan sapi yang baik sebaiknya dilakukan sekali dalam sehari pada waktu pagi, siang dan sore hari.

Makanan racikan untuk sapi brahman agar cepat gemuk meliputi:

  1.  Pemberian air
  2. Garam dapur atau bisa juga menggunakan garam beryodium
  3. Makanan tambahan berupa dedak padi yang banyak kita jumpai di tempat penggilingan padi
  4. Telur Bebek
  5. Makanan konsentrat seperti Ampas tahu, ampas ketela, konsentrat buatan maupun obat konsentrat yang memang di khususkan untuk sapi

Cara meracik makanan tambahan buat sapi brahman adalah

Sediakanlah air sebanyak 8 liter atau 8 gayung air kemudian taruhlah di ember setelah itu campurkan ramuan yang telah kita sediakan tadi tambahkan 3 sendok garam dapur lalu tambahkan 1 gayung bekatul (Dedak padi) dan campurkan makanan konsentrat yaitu  Ampas tahu, ampas ketela kemudian kita aduk sampai merata.

Bila semuanya sudah kita siapkan maka selanjutnya adalah memberikan makanan tersebut ke sapi brahman peliharaan kita dengan cara mencombor (memberikan comboran) comboran sapi bisa kita buat dengan menggunakan batang bambu yang sudah kita potong dan isi air racikan tadi kemudian kita masukkan ke dalam mulut sapi ini dilakukan apabila sapi tidak mau meminum racikan tersebut tetapi bila racikan makanan yang kita taruh di dalam ember langsung di minum sapi maka langkah memberikan comboran di abaikan saja.

Gambar Rumput Gajah

Selanjutnya adalah pemberian pakan rumput,jenis rumput yang baik dan banyak di sukai jenis sapi brahman adalah Rumput gajah, Rumput tebon yang berasal dari pohon tebu yang masih muda, jerami kering maupun jerami basah dan selanjutnya adalah merawat sapi dan kandang sapi dengan cara:
lakukan proses pemeliharaan sapi meliputi membersihkan kandang sapi semprot kandang dengan menggunakan air agar kotoran hilang,memandikan sapi apabila sapi terlihat kotor maka segeralah memandikanya atau bisa kita mandikan 3 hari sekali dengan menggunakan sikat dan sabun.

Jauhkan sapi dari kerumunan lalat dan nyamuk: untuk mengusir nyamuk dan lalat yang banyak menempel pada sapi maka buatkan diang , diang adalah campuran antara daun dan sekam padi (brambut) yang kita bakar nantinya akan ada kepulan asap nah asap itulah yang bisa kita gunakan untuk mengusir lalat dan nyamuk.

0 Komentar untuk "Cara cepat menggemukkan sapi brahman yang kurus"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau