Ciri ciri burung kecial kombo jantan dan betina

Cara membedakan jenis kelamin burung kecial kombo jantan dan betina mulai dari melihat bagian warna yang ada pada bagian bulunya,sebelum kita bisa mengetahui ciri cirinya maka kita simak dulu sebenarnya burung kecial itu jenis burung apasih? kecial kombo banyak yang menyebut dengan jenis burung cucak kombo akan tetapi burung ini tidak termasuk dalam keluarga jenis burung cucak cucakan atau burung merbah tetapi burung jenis ini menyukai makanan jenis madu ataupun yang manis manis dan kecial kombo merupakan burung penghisap madu maka banyak masyarakat sekitar menamakan dengan sebutan kecial kombo


Burung dengan nama latin Lichmera Lombokia ini banyak berasal dari indonesia dan merupakan burung endemik dan banyak kita temui di pulau lombok, flores (NTT) dan juga pulau sumbawa, tetapi anehnya ada juga burung jenis cucak kombo yang mempunyai nama latin yang berbeda yaitu Lichmera Limbata burung ini banyak tersebar di kepulauan indonesia seperti Flores, bali, pulau komodo, sangeang, alor, sumba, savu, roti, semau burung kecial kombo memiliki persamaan dengan jenis burung kolibri karena sama sama penghisap madu dan termasuk golongan jenis burung yang di lindungi.

burung kecial kombo jantan dan betina

Burung kecial kombo memiliki peranan penting dalam keseimbangan ekosistim di alam ini dan merupakan burung simbiosis mutualisme yang mana burung ini membantu dalam proses penyerbukan pada beberapa jenis tanaman yang di hinggapinya.

Karena banyaknya penggemar burung kecial ini maka banyak juga yang memburunya di alam bebas, di pasar burung jenis ini sangatlah langka karena memang ketersediaan di alam bebas sangat sedikit sekali menjadikan burung tersebut harganya mahal.

Untuk mengenali jenis kelaminnya maka yang harus kita cermati adalah melihat dengan teliti warna bulunya karena memang untuk membadakan kecial kombo antara jantan dan betina sangatlah susah sekali dan hampir banyak kemiripanya ketimbang perbedaanya maka di bawah ini bagi pemilik burung kicauan yang ingin megetahui jenis kelaminya kita simak penjelasan berikut:

Ciri ciri burung kecial kombo yang berjenis kelamin betina

  1. Lihat dan cermati bagian bulunya untuk betina warnanya lebih terang bila di bandingkan dengan jenis kombo betina
  2. Untuk kecial kombo betina memiliki tanda garis kuning pada bagian paruhnya
  3. Lihatlah pada bagian kepalanya untuk betina memiliki tanda warna kuning kehinjauan pada daerah atas kepalanya, dibagian bawah paruh dan juga di ujung sayap sayapnya.

 Ciri ciri burung kecial kombo yang berjenis kelamin jantan diantaranya:

  1. Warna bulu tampak lebih gelap bila di bandingkan dengan kecial kombo betina
  2. Lihat dan cermati pada bagian punggungnya warna punggung tampak kekuning kuningan maka burung tersebut berjenis betina tetapi bila tetapi bila warnanya abu abu maka bisa di pastikan burung berjenis kelamin jantan
  3. Pada bagian dada dan sekitar lehernya terdapat bercak bercak yang warnanya hitam.
0 Komentar untuk "Ciri ciri burung kecial kombo jantan dan betina"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau