Cara membedakan kolibri jantan dan betina dengan mudah

Terdapat banyak sekali jenis burung kolibri salah satunya adalah Burung kolibri ninja burung ini merupakan burung yang populer dan sangat terkenal di kalangan pemelihara burung dan jenis burung kolibri lainya adalah Kolibri wulung,Kolibri tasik di namakan tasik karena memang burung tersebut banyak kita jumpai di daerah tasik jawa barat, Burung Kolibri jawa dan kolibri sepah raja dan masih banyak jenis lainya, ciri utama burung kolibri adalah ukuran tubuhnya yang mungil serta warna mengkilap pada bagian bulunya biasanya warnanya metalik yang menyala menjadikan burung kolibri ini sangat indah untuk kita pandang.

Sedangkan untuk cara membedakan burung kolibri yang jantan dan yang betina yang sudah berusia lebih dari sebulan atau dewasa amat sangatlah mudah tentunya kita hanya melihat warna bulunya maka kita akan segera tau jenis kelaminya mana yang jantan dan mana yang berjenis kelamin betina, burung jantan pada bagian bulunya berwarna lebih terang dan mengkilap bila di bandingkan dengan betina tetapi untuk burung kolibri yang masih muda terkadang sangat susah sekali karena memiliki kesamaan warna.
kolibri jantan dan betina

Bila burung masih muda anakan maka banyak sekali kesamaan warna pada bagian bulu bulunya tetapi di beberapa pasar burung banyak sekali penjual yang mencampur antara betina dan jantan tetapi si penjual akan bilang kesemuanya itu berjenis kelamin jantan ini di lakukan agar harga jual burung akan sedikit lebih mahal karena memang untuk jenis betina harganya sangatlah murah maka kita sebagai pembeli harus teliti dan harus tau cara membedakan jantan dan betina.

Sebelum membeli burung tersebut ketahuilah tips memilih burung berjenis kelamin jantan di bawah ini:

  1. Pemilihan burung:lihat pada bagian pangkal paruhnya pilihlah paruh burung kolibri yang berwarna orange ini di lakukan karena burung yang masih muda memiliki paruh yang berwarna orange dan bila paruh burung agak memudar maka burung tersebut berjenis kelamin betina.
  2. Bila kita akan membeli burung maka pilihlah burung yang masih muda agar kita bisa melatihnya dengan memberikan masteran agar nantinya kicauanya terdengar nyaring dan ropel
Apabila burung kolibri yang di jual di pasar burung berjumlah banyak Ombyokan maka pilihlah burung yang aktif dan menandakan burung tersebut sehat tidak sakit,untuk merawat burung kolibri biasakanlah untuk memberikan makanan kroto dan berikan makanan tersebut sebagai makanan tambahan itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memilih burung kolibri jantan dan betina bila kita akan membelinya di pasar burung
0 Komentar untuk "Cara membedakan kolibri jantan dan betina dengan mudah"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau