Ciri Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik jantan Dan Betina

Burung gelatik semakin terkenal karena keindahan bulu bulunya yang manarik untuk di pandang selain itu suara kicauanya tak kalah nyaringnya dengan jenis burung cucak hijau karena suara yang di hasilkan burung gelatik tersebut sangatlah berfariasi dan menjadikan burung tersebut bagus untuk kita jadikan masteran kepada burung jenis lainya,pada umumya burung gelatik yang memiliki suara yang bagus ropel ngecer adalah jenis jantan maka kita sebagai penggemar burung kicau harus mengetahui ciri ciri jenis kelamin burung gelatik antara yang jantan dan betina.

Untuk membedakan jenis kelamin burung gelatik sangatlah mudah sebelum kita bahas mengenai ciri cirinya mari kita simak dari mana sih asal dan habitat burung gelatik tersebut?

Untuk habitat burung gelatik di bedakan menurut daerah asalnya seperti burung gelatik Wingko burung ini banyak kita jumpai di area hutan terbuka burung ini mencari makan di hutan dengan memakan hewan serangga kecil, sedangkan untuk burung gelatik Jawa bisa kita berikan makanan biji bijian karena memang jenis burung gelatik jawa makanan kesukaanya adalah jenis biji-bijian.
Burung Gelatik jantan Dan Betina

Cara mengetahui jenis kelamin sekaligus membedakan antara jantan dan betina

Untuk mengetahui ciri-cirinya hal yang harus kita perhatikan adalah warna yang ada pada bagian bulunya maka dengan memperhatikan warna pada bagian bulunya maka kita bisa tau persis mana yang jantan dan yang betina.

  • Untuk burung gelatik yang berjenis kelamin jantan cara mengetahuinya adalah lihat warna bulunya apabila bulu gelatik berwarna hitam mengkilap yang ada pada bagian paruh sampai ke bagian perut dan pangkal ekor maka burung tersebut berjenis jantan
  • Sedangkan untuk burung gelatik betina tandanya adalah warna hitam yang ada pada bagian bawah paruh agak tidak mengkilap dan terlihat bercak hitam dan warna tersebut hanya ada pada bagian dada  tidak sampai ke pangkal ekornya.

Sedangkan untuk cara merawat burung gelatik sangatlah mudah langkah-langkah yang harus kita persiapkan adalah menyiapkan pakan serta melakukan proses penjemuran burung 

1. Pagi hari jam 06.00wib – 07.00wib embun kan burung di luar rumah
2. Setelah itu mandikan burung dengan spray yang lembut atau beri tempat air minum yang cukup besar,bersihkan sangkar burung setiap hari dan ganti extra fooding dg yang baru
3. Jemur burung setelah terbit matahari dari jam 07.30wib – 11.30wib
4. Setelah itu pindahkan burung ke tempat yang teduh dan beri UH 6 ekor dan ½ sendok makan kroto segar 5. Sore hari jam 04.00wib mandikan kembali burung dan jemur sampai jam 05.00wib Setelah itu kerodong burung dan masukan ke dalam rumah sampai ke esok hari nya. 

Langkah cara meracik makanan tambahan

Perbandingan 1. 2 bungkus voer SKM atau Voer 1 bungkus Leopard kasar 2. ¼ kg tepung jangkrik 3. 2 butir telur bebek 4. 2 bungkus susu dancow bubuk aduk dan campur semua bahan tersebut hingga menjadi satu dan aduk sampai merata setelah itu jemurlah sampai kering fungsi proses penjemuran ini dilakukan agar makanan tidak bau dan tidak cepat basi.
0 Komentar untuk "Ciri Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik jantan Dan Betina"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau