cara merawat burung tekukur jantan

Sabahat burung perkicau.com sebelum kita bahas cara merawat burung tekukur maka kita simak sebenarnya burung tekukur itu apasih yaa..Burung tekukur atau biasa orang jawa menyebutnya burung derkuku dan juga penduduk sekitar menyebutnya burung deruk burung tekukur itiumempunyai ciri ciri badan yang kecil dan ukuran badanya hampir menyerupai burung jenis perkutut untuk saat ini burung jenis tekukur ini merupakan jenis burung yang kurang banyak peminatnya tetapi ada juga para penghobi burung sangat senang memelihara burung (Derkuku) tekukur ini.

Apabila sang penghobi atau  orang yang gemar memelihara burung perkicau pastinya akan menyukai ocehan yang di keluarkan burung jenis tekukur ini maka banyak juga yang memeliharanya karena memang suara yang dihasilkan burung tekukur ini terbilang langka dan suara yang di keluarkan burung ebut oleh masyarakat sekitar miliki ciri-ciri khas dan mempunyai daya tarik sendiri bahkan suara yang dihasilkan di percaya dapat mendatangkan rejeki bagi pemilik burung tekukur tersebut serta membawa berkah bagi pemiliknya.

burung tekukur jantan

Tips cara merawat burung tekukur agar sering berkicau alias manggung

  1. Langkah yang utama bila kita ingin burung tekukur tersebut bisa sering berkicau adalah pilihlah jenis kelamin burung tersebut untuk jenis burung yang mempunyai suara yang bagus pilihlah burung jenis laki-laki, sedangkan untuk membedakan burung tekukur laki-laki dan perempuan kita bisa mengetahuinya dari bentuk fisik kaki burung tersebut yaitu pada kaki tandanya sumpit kaki agak merapat menandakan bahwa itu burung jantan sedangkan bila sumpit kaki merenggang bisa di pastikan burung tersebut betina.
  2. Lakukan perawatan pada kandang sangkar burung tekukur tersebut cara melakukan perawatanya adalah bersihkan kandang 3 hari sekali pada saat pagi hari.
  3. Untuk membuat suara burung tekukur semakin mengoceh tentu faktor kesehatanlah yang di jadikan patokanya jangan sampai burung tersebut sakit, cara merawat burung tekukur agar tidak sakit adalah dengan memandikan burung secara rutin minimal kita bisa memandikanya 2 hari sekali dengan cara menyemprot pada bagian bulunya.
  4. Lakukan pemberian pakan secara rutin setiap hari pemberian pakan yang tepat buat burung tekukur adalah bisa dilakukan pada pagi hari dan sore hari.
Dengan melakukan perawatan dengan cara membersihkan sangkar dan pemberian pakan yang rutin akan membuat burung tekukur tersebut akan sehat dan tentu saja akan membuat kualitas suara yang di hasilkan akan sangat bagus dan rajin manggung atau pandai mengoceh maupun berkicau.

0 Komentar untuk "cara merawat burung tekukur jantan"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau