Cara merawat burung agar sering kicau saat lomba

Sebagai penggemar burung perkicau sudah seharusnya kita melatih sejak dini burung peliharaan kita semaksimal mungkin dan apabila burung tersebut akan di ikut sertakan dalam kontes lomba burung berkicau.

kita harus mempersiapkan kondisi burung jauh jauh hari sebelumnya dan tentu saja faktor penentu untuk menjadi pemenang lomba burung perkicau adalah suara kicauanya yang menarik serta tingkahnya yang unik. 

Walaupun terkadang juri juga memandang dari segi bentuk badan dan warna yang unik di bulunya bagian sayap maupun ekornya.

Untuk membuat burung rajin berkicau saat di lombakan sebenarnya kita harus melatih jauh jauh hari sebelum jadwal perlombaan dimulai. 

Maka dari itu kita di tuntut tahu kapan waktunya perlombaan tersebut dimulai dan juga dimana tempat perlombaan burung tersebut diadakan serta jenis burung apa yang nantinya di ikut sertakan dalam perlombaan.

Ajang lomba burung perkicau

Ada beberapa cara yang bisa kita persiapkan menghadapi ajang perlombaan burung berkicau diantaranya

1.Mengetahui jadwal perlombaan sedini mungkin 

Maksudnya kita bisa melatih burung peliharaan kita jauh jauh hari sebelum lomba.
2.Mengetahui tempat kapan ajang perlombaan burung berkicau tersebut diadakan

Supaya kita bisa mempersiapkan burung yang mana yang akan di ikut sertakan dalam perlombaan ada beberapa burung yang hanya pandai mengoceh pada saat keadaan yang sunyi dan ada juga burung yang rajin berkicau dalam kondisi sekeliling sekitarnya ramai.
3.Menentukan nama jenis burung

Mengetahui dan menentukan jenis burung apa yang bisa di ikut sertakan dalam lomba bila ada aturan jenis burung kacer saja yang bisa di lombakan tentunya kita harus mempersiapkan burung kacer tersebut.

Jangan sampai kita salah informasi "yang akan di lombakan jenis burung kacer tetapi kita malah membawa burung prenjak" tentu saja salah alamat.

Setelah mempersiapkan burung selanjutnya melatih burung tersebut sering kicau pada saat mengikuti perlombaan dengan cara

  1. Melakukan perawatan exstra dua hari sebelum ajang perlombaan di mulai.
  2. Sediakan makanan kesukaanya jangan sampai telat.
  3. Tentukan jenis burung yang agresive tetapi tetap utamakan yang sudah jinak.
  4. Sebelum ajang perlombaan di mulai datanglah 1 jam sebelum acara tersebut dimulai, dimaksudkan bila kita membawa burung dalam keadaan sangkar pakai penutup (kerudung) bukalah penutup sangkar selama 15 menit ini dimaksudkan agar burung bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan sekitar, setelah 15 menit tutup kembali.
  5. Untuk mengikuti lomba burung kicauan maka silakan burung kicau yang berjenis laki laki.
Dan yang terahkir adalah waspada terhadap jenis hewan lainya (kucing) karena bila arena tempat kita menaruh burung di ajang perlombaan di bawahnya ada kucing tentu saja burung kita akan terdiam karena alasanya takut dimakan, apabila setelah mengikuti cara diatas dan ternyata burung tetap terdiam.
0 Komentar untuk "Cara merawat burung agar sering kicau saat lomba"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau