Cara mengobati paruh burung yang terluka (Patah)

Bila kita memiliki burung kicau yang sakit akibat paruh burung tersebut patah maka ini akan berdampak pada kesehatan burung itu sendiri maka dari itu segeralah mengobati paruh burung tersebut secepatnya.

Paruh yang patah bisa di akibatkan karena paruh terjepit dan burung tersebut di tangkap dengan cara dijerat maupun burung terkena ketapel,sebagai contoh burung lovebird burung labet sangat suka menggigit sangkar burungnya apalagi sangkar burung terbuat dari besi.

Maka dari itu bahkan banyak sekali burung yang di taruh di dalam sangkar yang terbuat dari besi banyak yang terluka pada paruhnya.

Kebiasaan inilah yang sering kita temukan pada burung lovebird dan ini juga akan sangat berbahasa bagi burung kesayangan anda apabila paruh burung tersebut masih muda maka ini akan membuat paruh menjadi gripis dan bisa patah dan akan menyebabkan sakit dan terkadang pada bagian mata burung tersebut juga akan luka.
Burung

Untuk menyembuhkan paruh burung yang terluka kta bisa menggunakan bahan alami berupa bawang merah yang telah kita iris

Pada umumnya bawang merah juga bisa kita gunakan untuk memanjangkan kuku kuku yang ada pada kaki burung peliharaan anda di rumah,bawang merah merupakan obat alami namun sangat berkhasiat untuk mengobati paruh yang luka tersebut.

Bila luka tersebut di akibatkan karena sering bergesekan dengan sangkar maka segeralah melakukan penanganan pertama yaitu memindahkan burung kedalam sangkar yang lebih besar.

Kebiasaan burung yang suka menggigit jaring sangkar tersebut bisa diakibatkan sangkar terlalu kecil dan bisa juga burung sedang stres.

Penyebab burung stres biasa dialami burung yang masih liar dan burung tersebut belum beradaptasi dengan lingkungan sekitar maka jelas sekali bila kita taruh di dalam sangkar pasti burung akan kelabakan.

Berikut cara mengobati luka pada paruh burung (patah)

Siapkan 1 siung bawang merah kemudian iris bawang merah tersebut lalu ambilah bawang tersebut kemudian oleskan pada paruh burung yang patah (terluka).

Berikan olesan bawang tersebut 2 kali sehari pada pagi hari dan juga petang hari dan obat ini bisa untuk memanjangkan paruh burung,biasanya luka yang ada pada paruh burung akan menyebabkan burung susah makan.

Maka kita bisa memberikan pakan secara manual dengan cara melolohnya kemudian kita pegang paruh burung secara hati hati lalu membuka paruh burung tersebut kemudian kita memasukkan makanan burung.

Dampak dan pengaruh paruh burung terluka bisa mengakibatkan burung bisa stres dan aktifitas burung akan malas malasan, bahkan ini akan membuat burung tidak bisa mengoceh.

Demikianlah artikel mengenai tips cara menyembuhkan luka pada paruh burung dengan menggunakan bawang merah mungkin ada beberapa saran dan masukan bisa menuliskan di kolom komentar terimakasih.
2 Komentar untuk "Cara mengobati paruh burung yang terluka (Patah)"

Cara mengatasi burung c ijo paroh atas patah.

Burung kacer paruh atas patah apa solusi nya

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau