Cara mengatasi burung yang kelabakan saat di dekati

Banyak faktor yang menjadi penyebab burung peliharaan kita menjadi kelabakan saat di dekati seseorang maupun pemilik burung peliharaan tersebut, tentunya bila burung yang kita pelihara didapatkan dari hasil dari alam bebas ( dijaring ) atau ditangkap langsung dari alam liar.

Dan ini merupakan sesuatu yang sudah biasa karena memang burung tersebut tidak terbiasa dekat dengan manusia lalu jenis burung yang biasa kelabakan saat didekati adalah jenis burung prenjak, burung kutilang krucuk dan akan menyebabkan burung tersebut susah berkicau

Tetapi bila kita mempunyai burung yang kita pelihara dari hasil penangkaran tentu saja burung tersebut sudah jinak dan tidak kelabakan saat didekati karena burung sudah terbiasa bertemu dengan manusia ( pemilik Burung ) Lalu bagaimana bila kita mempunyai burung yang peliharaan dari hasil penangkapan dari alam bebas.
kelabakan saat di dekati

Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi burung yang suka kelabakan saat didekati

  • Lakukan penempatan sangkar burung di tempat yang menjadi lalu lintas manusia contohnya kita tempatkan di samping pintu rumah.
  • Lakukan penjinakan pada burung tersebut dengan cara memberikan makanan dengan menggunakan tangan kita ( jangan langsung di taruh di tempat makananya ).
  • Jauhkan binatang peliharaan dari sangkar maupun kandang tersebut usahakan jangan sampai burung melihat terlalu sering hewan lainya contohnya kucing memang penyebab utama burung menjadi kelabakan adalah pada saat didekati kucing (Takut dimakan).
  • Bila kita baru memeilihara burung usahakan membeli burung dari anakan jangan membeli burung yang di dapatkan dari hasil menjerat ataupun menjaring karena nantinya lama untuk bisa di jinakkan.
Dengan kita mempunyai burung peliharaan yang sudah jinak tentunya akan membuat harga jual burung tersebut semakin mahal dan semakin diminatai sang pembeli burung ( Bila dijual ) dan jangan lupa untuk sesering mungkin merawat burung tersebut agar suka berkicau dan pintar ngoceh.
0 Komentar untuk "Cara mengatasi burung yang kelabakan saat di dekati"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau