Manfaat cacing tanah untuk burung kicauan khusus murai batu

Cacing tanah memiliki beragam manfaat yang sangat baik apalagi di konsumsi burung murai batu,cacing tanah merupakan salah satu jenis pakan EF yang paling banyak di berikan kepada burung kicauan seperti burung murai batu dan juga burung kacer,ini karena cacing tanah memiliki manfaat yang sangat besar salah satunya adalah mendongkrak suara burung murai batu dan juga bisa menumbuhkan ekor bulu murai  batu.

Di alam bebas cacing tanah memiliki berbagai macam jenis serta kegunaan yang sangat beragam seperti cacing tanah yang di gunakan untuk umpan memancing selain di gunakan untuk umpan memancing ebenarnya cacing cacing tersebut juga bisa kita berikan kepada burung murai batu peliharaan kita dirumah,cacing tanah juga bisa dapatkan dengan mudah biasanya cacing cacing tersebut sangat menyukai tanah yang sedikit lembab dan bisa kita temukan di bawah pohon pisang yang berada di pekarangan rumah.
cacing untuk burung murai batu

Namun apabila kita berada di daerah perkotaan tentunya mencari cacing itu merupakan pekerjaan yang tidak mudah namun kita bisa membeli pakan caing tersebut di beberapa toko yang menjual pakan burung namun jenis jenis cacing yang bagus untuk burung kicauan khusunya burung murai batu adalah jenis cacing merah,cacing bayam dan juga cacing tanah (Lumbricus Terestris).

Kandungan yang ada pada cacing tanah adalah Protein yang sangat tinggi dan sangat bagus kita berikan untuk burung murai batu ini yang juga bisa berguna untuk memancing suara murai batu yang enggan berkicau,Kandungan protein pada cacing tanah Lumbricus Rubellus sangat besar hingga mencapai 76 persen dan kandungan protein tersebut lebih jauh dari kandungan proteing yang ada pada daging dan ikan

Baca juga:Jenis jenis cacing yang bisa di konsumsi oleh burung kicauan

Cacing tanah juga mengandung asam glumate sebesar 8,98 persen treonin sebesar 3,54 persen  dan lisin 5,16 persen glycine sebesar 3,54 persen dan apabila cacing tersebut kita berikan kepada burung murai batu maka akan sangat  bermanfaat sekali yang akan membuat burung murai batu semakain gacor dan juga bisa juga di gunakan untuk mempercepat tumbuhnya bulu ekor murai batu.

Takaran yang harus kita berikan kepada burung kicauan "burung murai batu"
Sebaiknya pemberian pakan berupa cacing tanah harus kita berikan secara rutin dan juga tepat,namun yang harus kita perhatikan adalah jangan memberikan pakan berupa cacing tanah tersebut secara rutin setiap hari.pemberian pakan berupa cacing tanah sebaiknya di lakukan pada saat burung murai batu tersebut sedang mabung.

Perlu juga kita tahu dan harus kita perhatikan bahwa pada saat memberikan cacing tanah pastikan bulu burung sudah tumbuh dan juga bulu yang ada pada bagian ekornya juga sudah mulai tumbuh,apabila  bulu belum mulai tumbuh sebaiknya pemberian pakan  berupa cacing tanah kita abaikan dulu atau jangan kita berikan terlebih dahulu.
Ukuran cacing tanah
Apabila  kita menemukan cacing tanah yang ukuranya sangat besar maka sebaiknya cacing tersebut kita potong potong tersebih dahulu lalu kemudian kita bersihkan tanah yang ada pada bagian perut cacing setelah cacing kita bersihkan maka kita cuci bersih lalu kita rendam.
Setelah kita rendam langsung saja kita berikan kepada burung murai batu

Untuk variant pakan berupa cacing maka kita bisa membuat pakan berupa bubuk cacing cara membuat bubuk cacing yaitu setelah cacing tersebut kita rendam kemudian cacing kita jemur sampai kering setelah kering maka siapkan ke wadah lalu kita tumbuh cacing tersebut sampai halus,setelah pakan berupa bubuk cacing sudah kita buat maka campurkan bubuk cacing tersebut dengan pakan lainya berupa foer atau jenis pakan lainya.
0 Komentar untuk "Manfaat cacing tanah untuk burung kicauan khusus murai batu"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau