Cara beternak burung puter dan cara merawatnya

Beternak Burung Puter-Untuk memulai ternak puter maka yang pertama kali kita siapkan adalah bibitan atau jenis burung puter yang akan kita ternak sebaiknya belilah burung puter yang sudah dewasa dan siap kawin,harga burung puter di tahun 2017 ini harganya sangat murah sekali hanya berkisar 30 ribuan per ekor harga tersebut sudah sangat murah sekali sedangkan harga burung puter putih 100 ribuan.ini karena burung puter sangat jarang yang berminat burung puter bukan termasuk burung kicauan seperti burung perkutut maupun burung tekukur dan inilah yang menjadikan harga burung puter sangat murah sekali.

Sekilas dari bentuk badan burung puter yang memiliki warna putih pada bulunya mirip dengan burung merpati namun pada ukuran badan burung puter lebih kecil bila di bandingkan dengan burung merpati,setiap bertelur burung puter mampu menghasilkan telur sebanyak 3 sampai dengan 4 butir telur saja dan cara perawatan burung puter juga sangat mudah sekali dan ini mirip dengan perawatan burung merpati.
Cara beternak burung puter dan cara merawatnya

Tahap awal beternak burung puter dan yang harus kita siapkan adalah

  1. Siapkan burung puter yang sudah siap kawin
  2. Untuk mendapatkan keuntungan yang banyak maka siapkan lebih dari 4 pasang burung puter
  3. Apabila burung puter yang kita dapatkan dari beli di pasar burung maka lebih baik membeli burung puter yang sudah berjodoh
  4. namun apabila burung puter belum berjodoh maka siapkan 4 burung puter yang berjenis kelamin betina dan 5 burung yang berjenis kelamin jantan 

Tahap kedua adalah menyiapkan kandang burung puter

Sebaiknya apabila kita akan menempatkan 4 pasang burung puter yang sudah berjodoh dalam satu sangkar atau kandang maka buatkan sangkar yang luas,dengan panjang 2 meter dan lebar 1 meter untuk bahan sangkarnya bisa kita buat dengan menggunakan bambu maupun dengan menggunakan jaring besi,setelah kandang sudah kita siapkan maka selanjutnya adalah memberikan pakan burung puter tersebut dan letakkan di tempat wadah di dalam sangkarnya,jenis pakan yang di sukai burung puter adalah biji bijian kita bisa memberikan pakan berupa biji padi (gabah).

Setelah burung sudah beradaptasi dengan kandangnya biasanya akan memerlukan waktu 4 sampai dengan 6 hari selanjutnya adalah membuat tempat sarang bertelur burung puter,tempat sarang burung puter untuk bertelur bisa kita siapkan dari bahan jerami.

Perawatan harian

Selalu periksa makanan burung tersebut apabila sudah habis maka sediakan pakan lagi,pemberian air juga sangat perlu makan siapkan wadah yang sudah kita isi dengan air dan tempatkan di dalam kandangnya,yang perlu kita perhatikan adalah jauhkan kandang tersebut dari hewan buas lainya seperti kucing dan tikus demikianlah cara beternak burung puter semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan pembaca yang ingin memulai beternak burung.
0 Komentar untuk "Cara beternak burung puter dan cara merawatnya"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau