Cara membuat pulut burung dari getah pohon dan permen karet

Proses pembuatan pulut bisa kita lakukan dengan cara menggunakan getah pohon dan juga sisa dari kunyahan permen karet Banyak kalangan penggemar burung kicauan yang sudah mengenal Pulut.

Pulut burung biasanya terbuat dari getah pohon karet namun kita bisa membuat pulut burung dengan menggunakan lem tikus,Pulut ini biasa di gunakan untuk menangkap burung liar tanpa harus melukainya ada beberapa jenis pohon yang menghasilkan getah pulut.

Membuat pulut burung juga bisa kita lakukan dengan menggunakan lem tikus dan terbukti yang paling lengket dan tidak berbarbau proses cara membuatnya ada di bagian bawah aertikel.

 Berikut 5 Jenis pohon yang menghasilkan getah pulut yaitu:

  1. Pohon karet
    Selain pohon karet menghasilkan karet mentah kita bisa memanfaatkan getah pohon karet untuk kita buat menjadi pulut
  2. Pohon Nangka
    Untuk pohon nangka banyak kita temukan di pekarangan rumah selain itu pohon nangka memiliki buah yang sangat manis dan juga terdapat getah yang terdapat pada batang pohon dan buahnya
  3. Pohon Sukun
  4. Pohon Kluweh
    Kluweh merupakan sejenis pohon yang mirip sama nangka, namun pohon kluweh yang sudah berbuah banyak di manfaatkan para petani untuk di ambil buahnya dijadikan sayuran
  5. Pohon Durian
Selain jenis pohon diatas kita juga bisa membuat pulut dengan menggunakan permen karet proses membuat pulut dengan menggunakan permen karet bisa di bilang yang paling mudah.

Sedangkan membuat pulut dari permen karet ini bahannya bisa kita dapatkan di toko toko yang menjual permen karet,namun apabila pulut yang kita gunakan dari permen karet maka daya rekatnya lemah dan cepat mengeras apabila terkena sinar matahari. 



Sedangkan pulut paling kuat daya rekatnya dan memiliki tahan lama berasal dari getah pohon karet, sebenarnya pulut yang biasa di gunakan untuk menangkap burung banyak tersedia di toko toko di pasar burung.

Harga lem pulut burung sekitar 25 ribuan per kepal atau kurang dari satu kilo gram,untuk menghemat biaya kita bisa membuat dengan menggunakan getah getah pohon yang sudah kami ulas diatas

Pulut Burung
Burung Terkena Pulut

Cara membuat pulut dari getah pohon

Pada dasarnya untuk proses pembuatan pulut dari getah pohon karet, pohon nangka,kluweh, sukun maupun durian memiliki proses pembuatan yang sama langkah pertama adalah pohon jenis jenis pohon diatas kita sadap dengan cara mengupas kulit luar pohon dan getah yang mengalir.

Kemudian Getah pulut kita tampung di wadah berupa gelas bekas ,selanjutnya getah dari pohon tersebut kita rendam di dalam air selama 3 hari kemudian getah kita rebus setelah kita rebut maka getah yang sudah menjadi pulut.

Lalu kita ambil pulut tersebut nantinya warna pulut akan sedikit kecoklatan dan pulut dari getah tersebut langsung bisa kita gunakan.

Membuat pulut dari permen karet mudah dan cepat

Sediakan beberapa permen karet atau sekitar 50 kemudian permen karet tersebut kita kunyakh sampai rasa manis pada permen menghilang setelah itu masukkan bekas kunyahan permen karet kedalam air rendal kurang lebih 2 minggu.

Apabila permen karet sudah mengapung itu tandanya permen karet siap kita jadikan pulut setelah terapung angkat dan remas remaslah pulut sampai terlihat agak kusam putih kecoklatan.

Untuk menyamarkan warna pulut maka kita samarkan dengan cara membakar pulut sebelum pulut kita buat untuk menangkap burung.

Bagi yang ingin membuat pulut tapi di rumah kesusahan untuk mendapatkan getah pohon dan permen karet maka kta bisa membuat pulut dengan menggunakan lem tikus


Kelebihan membuat pulut dengan menggunakan lem tikus diantaranya daya rekat kuat dan juga bahan pulut dari llem tikus juga tidak berbau maka kita bisa menggunakan bahan tersebut.untuk harganya sendiri sangat murah.

Untuk lem tikus bisa kita dapatkan di toko indomart atau alfamart harga 300 gram hanya sekitar 6 ribu rupiah saja dan ini juga bisa terbilang sangat murah bila kita bandingan dengan harga pulut dari pohon karet yang di jual di toko online.

Selanjutnya kita buat pulut tersebut dengan cara siapkan lem tikus kemudian secukupnya atau satu sendok saja kemudian lem tikus kita campurkan dengan pewarna.

Nah pewarna yang kita gunakan terbilang alami hanya dengan menggunakan tanah saja,tambahkan tanah sedikit saja agar pulut berwarna agak hitam kemudian kita aduk aduk agar tercampur dan pulut burung siap kita gunakan untuk menangkap burung tersebut.

Daftar Isi

4 Komentar untuk "Cara membuat pulut burung dari getah pohon dan permen karet"

Trm ksih infonya dan sangat bermamfaat

Bang gimana caranya mencampur gedah nangka pake apa yg sederhana biar jadi getah yg kuat buat nangkap burung biar gak lepas2

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau