10 Jenis burung perkutut beserta gambar dan ciri cirinya

Mengenal lebih jauh jenis jenis burung perkutut yang ada di indonesia-Dalam kehidupan sehari hari khususnya orang jawa percaya tentang mitos tentang burung perkutut yang konon katanya bisa membawa keberuntungan.

Dan memang dahulu kala masyarakat adat jawa mempercayai primbon,menurut cerita burung perkutut merupakan hewan jelmaan para pangeran majapahit,namun apakah di jaman era baru ini khususnya tahun 2016 ini,apakah masyarakat masih percaya tentang mitos burung perkutut?

Jenis burung perkutut sangat banyak namun di sisi kita akan menjelaskan 5 jenis burung perkutut,sebagai penggemar burung kicauan burung ini memiliki suara kicauan yang khas dan tidak dimiliki oleh jenis burung lainya.

Dan juga suara burung perkutut tidak bisa di tiru oleh burung lainya,maka dari itu burung perkutut sangat di sukai orang yang sudah berusia tua,seperti jenis burung perkutut yang memiliki corak leher zebra.

Burung perkutut yang memiliki corak leher zebra sangat langka namun di alam sekitar burung tersebut masih bisa kita temukan.

Menurut cerita tentang burung perkutut-barang siapa yang menemukan burung perkutut yang memiliki tanda loreng pada lehernya maka dia bersama pangeran majapahit akan di berikan kebahagiaan yang mampu membawa rejeki bagi pemiliknya "keberuntungan"

Jaman dahulu kala burung perkutut memang memiliki unsur ghaib apabila sang pemilik telah tiada maka burung akan lepas dari sangkarnya (menghilang).dialam sekitar jenis makanan burung perkutut adalah jenis biji-bijian dan burung perkutut mampu hidup sendiri tanpa bantuan manusia.

jenis burung perkutut dan gambarnya


Berikut 10 jenis jenis burung perkutut yang ada di indonesia


1.Yang pertama adalah jenis burung perkutut Katuranggan


ciri perkutut katuranggan adalah mampu megeluarkan suara kicauan manggung yang berbeda pada jenis burung perkutut lainya,untuk gambar burung perkutut katuranggan lihat pada gambar yang bernomor 1

2.Perkutut Songgo ratu


Untuk ciri ciri perkutut songgo ratu adalah burung tersebut memiliki jambul sedangkan pada bagian kaki warnanya agak sedikit gelap.menurut cerita jaman dahulu perkutut songgo ratu merupakan perkutut dari putra raja dari bali yang pada jaman dahulu melarikan diri dikota banyuwangi.jenis perkutut songgo ratu sangat bagus untuk kita pelihara karena memiliki jambul.Gambar no 2

3.Yang ketiga adalah Perkutut lurah,perkutut lurah


Di percaya mampu mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya selain itu perkutut lurah juga dipercaya mapu mendatangkan rejeki. Gambar No 3

4.Perkutut daringan


Jenis burung perkutut daringan juga merupakan burung bertuah bagi sekeluarga suami dan istri,ciri ciri kutut daringan adalah pada bagian leher bergaris garis tanpa putus Lihat gambar No 4.

5.Burung perkutut putih


Burung ini ciri cirinya warna pada bagian bulunya berwarna putih dan  harga burung perkutut putih lumayan sangat mahal di sejumlah pasar burung,menurut cerita barang siapa yang memeliharanya maka pemilik akan kaya Gambar no 5.

6.Perkutut kusuma wicitra.


Ciri ciri fisik pada burung ini adalah memiliki bulu yang berwarna putih dan pada kakinya terdapat sisik keputihan mitos bila memelihara burung perkutut kusuma citra adalah cita cita yang di inginkan akan cepat dikabulkan dan bisa mendapatkan rejeki yang melimpah.

7.Burung perkutut wisnu wicitra


Ciri ciri burung ini memiliki bulu yang berwarna hitam mitosnya dan mampu memberikan keselamatan pada pemiliknya.

8.Burung perkutut gendawa sabda


Bisa digunakan para penghoby burung kicauan untuk memikat dan burung perkutut lainya bila mempunyai burung perkutut gendawa sabda maka bisa mendatangkan banyak rejeki bagi pemiliknya.

9.Perkutut mercuci


Ciri ciri burung perkutut mercuci adalah pada bagian matanya berwarna kuning dan memiliki sipit dan bila memelihara burung ini dipercaya pemilik cepat beradaptasi dengan lingkungan di masyarakat dan diakrapi dan bisa mendapatkan banyak rejeki.

10.Perkutut Mertu Jiwa.

Ciri ciri burung ini bulu berwarna kuning dan pada sekitar ekor juga berwarna kuning mitos bagi yang memelihara burung ini adalah akan memiliki jiwa kepemimpinan yang besar.


Demikianlah informasi singkat mengenai jenis burung perkutut yang ada di indonesia tentunya bagi penggemar burung peliharaan yang memiliki Perkutut agar selalu merawat burung perkutut tersebut supaya burung yang dimilikinya rajin manggung.
1 Komentar untuk "10 Jenis burung perkutut beserta gambar dan ciri cirinya"

Sekarang ini aku melihat ada burung perkutut ada bulu putih bagian dada kanan&kiri katuranggan apa kah burung tersebut mohon pencerahannya trimakasih

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau