6 Cara menjinakkan burung gereja liar yang gesit

Burung gereja atau sebutan passer montanus pasti banyak yang sudah kenal burung ini, burung gereja biasanya banyak kita jumpai di teras rumah maupun di area tempat penggilingan padi tak hanya di tempat tempat itu saja bahkan burung gereja juga banyak kita temukan ruko ruko yang beratap tinggi.

Makanan Burung Gereja

Makanan burung gereja adalah jenis biji bijian dan mereka menyukai makanan padi maka dari itu burung gereja juga banyak kita temukan di area persawahan.

Burung gereja merupakan jenis burung yang banyak kita temui di area tempat penggilingan padi makanan kesukaan burung ini yaitu jenis biji-bijian dan kebiasaan burung gereja berkelompok dalam satu kelompok bisa terdiri dari puluhan ekor namun burung gereja ini tidak terlalu laku untuk di jual dipasar burung

Maka dari itu banyak penggemar burung kicauan yang hanya menjadikan burung gereja hanya untuk di jadikan makanan untuk jenis burung predator contohnya cendet dan burung jagal.

Burung gereja ini termasuk jenis burung yang susah untuk kita jinakkan tetapi jangan khawatir bila kita ingin membuat burung tersebut jinak maka disini kita akan memberikan cara yang tepat untuk menjinakkan burung gereja.

Artikel menarik lainya baca Juga:5 jenis burung yang suka berkelompok

Burung gereja juga termasuk burung yang gesit berbeda dengan burung nuri dengan hanya memberikan makanan setiap hari maka burung nuri tersebut akan menjadi jinak dengan sendirinya ini dikarenakan burung nuri merupakan burung yang cerdas bahkan ada beberapa jenis burung nuri yang mampu untuk menirukan suara manusia (hanya beberapa kata saja)

Maka bila burung tersebut sudah kita masukkan ke dalam sangkar dan kita dekati maka burung tersebut akan kelabakan dan bila terus menerus kelabakan maka bulu burung akan mbrodol rontok akibat benturan dengan sangkar burungnya.

Sarang burung gereja

Burung gereja biasanya membuat sarang untuk bertelur di sela sela atap rumah maupun di pohon mangga, sarang burung gereja terbuat dari daun atau rumput rumput yang sudah kering bahkan burung gereja tersebut menyukai jerami kering untuk di jadikan sarangnya.


menjinakkan burung gereja

Bila kita ingin memelihara burung gereja dan ingin cepat jinak maka caranya adalah:

  1. Tempatkan burung burung gereja tersebut kedalam sangkar yang ukuranya sempit
  2. Selalu sediakan makanan biji bijian seperti biji padi maupun biji jagung yang sudah kita tumbuk menjadi agak halus dan berikan air kedalam tempat air yang ada di dalam sangkar
  3. Agar burung gereja tersebut cepat jinak maka taruhlah sangkar burung gereja di tempat keramaian ini di maksudkan agar burung gereja terbiasa dengan keberadaan manusia di sekitarnya
  4. lakukan penjemuran burung setiap pagi hari pada pukul 7 sampai dengan pukul 9 di pagi hari
  5. Setelah melakukan penjemuran maka peganglah badan burung gereja dan elus elus kepalanya dan sesekali kita bentangkan sayapnya dengan menggunakan tangan kita
  6. Tempatkan sangkar ke tempat yang tepat, tempat untuk menaruh sangkar yang baik yaitu menaruhnya diteras rumah dan jauhkan dari binatang lainya seperti kucing dan anjing,keberadaan hewan tersebut akan membuat burung gereja menjadi takut dan kelabakan.
Walaupun burung ini termasuk jenis burung yang tidak laku tetapi masih ada juga para penjual burung yang menjual burung gereja di pasar burung untuk harga 5 ekor burung gereja di hargai sekitar 3 ribu rupiah saja sedangkan bila kita ingin membelinya maka belilah dengan cara menawar per sepuluh ekor dan lakukan tawar menawar harga.

Demikianlah cara merawat dan menjinakkan burung gereja liar yang sangat gesit mungkin bagi para pemula akan kesusahan untuk menjinakkanya dengan membaca artile diatas di harapkan pembaca bisa merawat dan bisa menjadikan burung gereja cepat jinak terimakasih sekian.
0 Komentar untuk "6 Cara menjinakkan burung gereja liar yang gesit"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau