Cara Merawat Burung Kicau Agar Tetap Sehat Dan Fit

Bagi penggemar burung kicau disini kita akan memberikan beberapa panduan dasar yang bisa kita terapkan untuk memelihara burung dan tentunya disini mengharapkan dengan adanya panduan sederhana ini akan bisa di gunakan untuk merawat burung kicauan di rumah.
Salah satu syarat yang harus di miliki pemiliki burung adalah Hobi itu sendiri,tanpa kita memiliki hobi ataupun menyukai burung maka ini akan sangat menyusahkan pemilik burung itu sendiri 
dan terutama bagi pemula yang ingin memelihara burung kicauan diharapkan mampu merawat burung seperti memberikan pakan dan juga memandikan burung dan menjaga kebersihan sangkarnya.

1. Memberikan Makanan Bergizi
Penting untuk memberikan makanan bergizi kepada burung kicau agar mereka mendapatkan asupan gizi yang cukup untuk menjaga kesehatan dan kebugaran mereka. Berikan campuran biji-bijian yang kaya akan nutrisi seperti biji jagung, biji beras, biji gandum, dan biji bunga matahari. Anda juga bisa memberikan buah-buahan segar dan sayuran sebagai tambahan nutrisi.

2. Menyediakan Air Minum yang Bersih
Pastikan burung kicau selalu memiliki akses ke air minum yang bersih dan segar setiap saat. Gantilah air minum mereka setiap hari dan bersihkan tempat minum secara teratur untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menyebabkan penyakit.

3. Menjaga Kebersihan Kandang
Kebersihan kandang merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan burung kicau. Bersihkan kandang mereka secara teratur dengan mengganti pasir atau serbuk kayu di dasar kandang, membersihkan tempat makan dan minum, serta membersihkan peralatan kandang lainnya. Hindari penumpukan kotoran dan sisa makanan yang bisa menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan parasit.

4. Melatih dan Mengajak Berinteraksi
Selain memberikan perawatan fisik, penting juga untuk melatih dan mengajak berinteraksi dengan burung kicau Anda. Latihlah mereka untuk berkicau dengan mengajari mereka variasi lagu dan suara, berikan mainan atau permainan yang bisa merangsang aktivitas fisik dan mental mereka, serta ajak mereka berinteraksi secara langsung dengan Anda untuk membangun ikatan yang kuat.

Tanpa kita memilihi hoby tentang burung maka bila kita memiliki burung nantinya akan sangat menyusahkan dan juga kerepotan dan tak jarang mereka menelantarkan burung yang di peliharanya tidak di kasih makan namun menyuruh orang untuk merawat burung tersebut.

Pemiliki burung akan sangat kecewa apabila burung yang di peliharannya susah jinak walaupun pemilik sudah merawatnya sejak lama.maka dari itu panduan dasar tentang perawatan burung ini semoga bisa di terapkan bagi pemilik burung pemula.
Panduan dasar cara memelihara burung kicau

Yuk kita simak cara merawat burung kicau dan cara memelihara burung yang baik dan benar bagi pemula

1.Hal utama bagi pemilik burung kicauan adalah Hoby memelihara burung dan ini adalah panduan dasar yang sangat menentukan
Hoby inilah yang sangat penting sekali,percuma saja kita memiliki burung namun sebenarnya kita tidak memiliki hoby maupun menyukai burung kicau dan ini akan membahayakan burung itu sendiri. 

Salah satunya adalah Penelantara maksud penelantaran burung adalah pemilik burung jarang memberikan pakan dan juga minuman dan akhirnya burung akan sakit.

 2.Menentukan jenis burung yang akan kita pelihara
Dan juga sebagai dasarnya kita harus bisa menentukan jenis burung apa yang akan kita pelihara tentukan dan fikirkan matang matang,apabila ingin memelihara burung kicauan maka kita bisa membeli burung kacer.

Burung cendet,burung kenari dan burung cucak hijau,dari ketiga contoh jenis burung tersebut memiliki suara kicauan yang bagus sekali dan tentunya mudah untuk kita masterkan.

Dan apabila ingin memelihara burung untuk di perjual belikan maka kita harus tahu harga pasaran burung dan juga jenis jenis burung yang di sukai pembeli

3.Menyiapkan sangkar burung
Siapkan dan sediakan sangkar burung pemilihan sangkar burung sangat penting sekali maka dari itu pilihlah sangkar yang tepat untuk burung kicau yang akan di pelihara,apabila burung memiliki ukuran tubuh yang besar maka belilah sangkar yang besar.

Sedangkan apabila burung yang akan dipelihara berukuran kecil maka sediakan sangkar yang kecil jangan terlalu lebar dan luas,yang sebagai pertimbangan adalah harga sangkar apabila sangkar berukuran besar maka harganya mahal namun bila sangkar ukuranya kecil harganya lebih murah.

4.Tentukan harga burung yang akan dibeli
Tentukan harga burung yang akan di beli dan yang perlu di siapkan adalah uang, belilah burung yang harganya pas dan sesuai dengan uang yang kita miliki.

Pemilihan jenis burung juga sangat perlu dan proses tawar menawar juga sangat perlu sekali maka apabila ingin membeli burung di pasar burung kita harus bisa menawar serendah mungkin harga burung yang di jual oleh penjualnya.

5.Sediakanlah jenis pakan yang di sukai burung tersebut dan rawatlah setiap hari
Burung yang berbeda jenis jenis pakan nyapun akan sangat berbeda pula ada yang memakan buah buahan,burung pemakan serangga dan juga burung pemakan nektar minuman yang manis maka dari itu kenali betul burung yang anda pelihara.


Merawat burung kicau agar tetap sehat dan fit membutuhkan perhatian dan dedikasi yang konsisten. Dengan memberikan makanan bergizi, menyediakan air minum yang bersih, memberikan waktu istirahat yang cukup, menjaga kebersihan kandang, memberikan kekasih, dan melatih serta mengajak berinteraksi secara aktif, Anda dapat membantu burung kicau Anda tetap dalam kondisi prima dan menjaga kesehatan mereka dengan baik.Dengan menerapkan Lima panduan dasar cara merawat burung kicau di atas di harapkan pemilik burung mampu merawat burung yang baik dan benar demikianlah informasi mengenai perawatan burung bagi pemula semoga bermanfaat.
0 Komentar untuk "Cara Merawat Burung Kicau Agar Tetap Sehat Dan Fit"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau