Ciri Ciri Burung Lovebird Over Birahi Dan Cara Mengobatinya

Burung lovebird yang over birahi tidak hanya di alami oleh burung yang berjenis kelamin jantan namun burung lovebird yang berjenis kelamin betina juga bisa mengalami over birahi tentunya sebagai pemilik burung harus segera mengatasi burung yang over birahi tersebut,pada dasarnya semua jenis burung mengalami yang namanya over birahi dan itu hal yang sangat wajar dan normal.

Namun demikian apabila burung tersebut mengalami over birahi yang tidak wajar tentunya akan menjadi masalah terhadap kesehatan burung itu sendiri, burung yang over birahi juga akan berpengaruh terhadap kualitas kicauan maupun kerapian bulu bulunya ini karena apabila burung mengalami over birahi biasanya akan sering mencabuti bulu nya sendiri dan ini akan memperjelek tampilan bulunya.

Biasanya burung yang over birahi ini akan mulai semenjak burung tersebut dewasa namun untuk burung lovebird akan mengalami overbirahi pada usia yang masih muda bagi yang memiliki masalah terhadap burung peliharaanya yang OB maka silakan simak berikut ini.

Sayuran penurung birahi burung lovebird

Ciri ciri burung lovebird jantan yang over birahi adalah

  • Burung lovebird yang berjenis kelamin jantan tandanya burung tersebut akan sering merapikan bulunya apabila di dekatkan dengan burung yang berjenis kelamin betina
  • Burung akan sering menggigiti jeruji sangkar dan nantinya akan merusak paruh burung
  • Ciri ciri yang utama burung akan sering mencabuti bulu bulunya sendiri
Ciri Ciri burung overbirahi pada lovebird yang berjenis kelamin betina

  •  Burung yang berjenis kelamin  betina apabila melihat burung yang berpasangan maka gerak geriknya akan terlihat agresif
  • Terlihat bulu burung tersebut mengembang
  • Apabila burung betina kita dekatkan dengan burung lovebird yang berjenis kelamin jantan maka burung betina akan melebarkan sayapnya.
  • Sering menggigit jeruji sangkar namun akan lebih sering bila di bandingkan dengan jantan
Cara mengobati burung yang over birahi pada lovebird yang berjenis kelamin jantan dan betina

1. Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja kita harus tahu jenis pakan yang kita berikan sebaiknya apabila burung lovebird sedang OB maka perhatikan saat pemberian pakan berupa kangkung,jagung muda dan kwaci hendaklah kita berhentikan terlebih dahulu (jangan kita berikan dahulu).ini karena makanan diatas  merupakan pakan yang mengandung Afrodisiak inilah yang merangsang burung cepat birahi.

2. Mengurangi birahi burung dengan cara memandikan burung
Memandikan burung adalah solusi yang tepat alangkah baiknya mandikan burung tersebut dengan durasi yang lama,kita bisa memandikan burung lovebird yang over birahi tersebut 2 sampai 3 kali sehari

3. Penjemuran burung sebaiknya di kurangi
Banyak yang bertanya mengenai " mengapa penjemuran burung harus di kurangi" dan di sini kita akan jawab bahwa apabila burung kita jemur maka sinar matahari yang masuk mengandung vitamin yang bisa memicu burung lovebir overbirahi.

4.Sebaiknya apabila burung over birahi segeralah tempatkan burung tersebut di sangkar yang lebih luas,ini untuk menghindari kerusakan bulunya.

Inilah jenis pakan dan buah yang bisa kita gunakan untuk mengobati burung yang overbirahi diantaranya adalah

  1. Daun sawi yang masih segar
  2. Tulang daun sawi
  3. Buah melon
  4. Buah ketimun
  5. Daun kemangi
  6. Jagung
0 Komentar untuk "Ciri Ciri Burung Lovebird Over Birahi Dan Cara Mengobatinya"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau