Tips mengetahui jenis kelamin cucak jenggot jantan dan betina

Burung cucak jenggot merupakan jenis burung kicauan yang sangat populer dan paling banyak di minati oleh para penggemar burung kicauan yang sering mengikuti ajang perlombaan burung kicau.

Burung cucak jenggot memiliki suara yang lantang bahkan ada beberapa diantaranya mampu menirukan jenis burung lainya maka dari itu dengan alasan inilah para penggemar burung suka memelihara burung yang berjenggot tersebut,bahkan ada beberapa orang yang mampu menangkarkan burung cucak jenggot ini.

Penangkaran burung cucak jenggot ini dilakukan karena harga burung cucak jenggot di pasaran bisa di bilang burung yang mahal,untuk harga burung cucak jenggot betina berkisar 600 ribu rupiah sedangkan untuk yang berjenis kelamin jantan bisa lebih mahal dari betina berkisar 800 ribu rupiah.

Penagkaran Burung Cucak Jenggot


Bila kita akan membuat suatu penangkaran burung tentunya yang harus kita persiapkan adalah jenis burung dan juga kita harus bisa membedakan jenis kelamin burung tersebut untuk kali ini kita akan memberikan tips memilih jenis burung berdasarkan jenis kelaminya antara burung cucak jenggot yang jantan dan cucak jenggot yang betina.


mengetahui jenis kelamin cucak jenggot
Bila kita lihat dari warna bulunya antara cucak jenggot jantan dan betina warna bulunya sangatlah mirip sekali bahkan bagi para pemula yang baru berkecimpung di dunia perburungan akan sulit sekali membedakannya,namun berbeda bagi seorang master yang sudah lama terjun didunia perburungan ini tidaklah sulit.

Ciri Ciri Cucak Jenggot Jantan

  1.  Mengetahui jenis ukuran badannya untuk burung cucak jenggot jantan ukuran badan akan lebih besar bila dibandingkan dengan si betina dan mempunyai postur badan yang tegap
  2. Warna pada burung jantan cenderung lebih terang kontras bila dibandingkan dengan betina
  3. Sedangkan pada ekornya cucak jenggot jantan akan terlihat mengumpul
  4. Lihat pada bagian sayapnya ciri ciri cucak jenggot jantan apabila burung tersebut kita dekatkan pada jenis cucak jenggot sama jenisnya maka cucak jenggot jantan tidak akan menggetarkan sayapnya.

Ciri ciri cucak jenggot betina adalah

  1. Ukuran badan pada burung cucak jenggot betina kebalikanya dengan jantan yaitu mempunyai ukuran yang lebih kecil
  2. Untuk warna pada bagian dadanya burung cucak jenggot betina cenderung berwarna putih saja monoton
  3. Pada bagian ekornya burung betina cenderung lebih terlihat menyebar bila di bandingkan jantan
  4. Untuk kicauanya burung cucak jenggot betina akan lebih berkicau dalam artian akan lebih sering berkicau pada waktu usia yang muda
  5. Sedangkan untuk cucak jenggot betina suara kicauan yang di keluarkan berfariasi.
Demikianlah beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin cucak jenggot jantan dan betina,mudah mudahan informasi yang kami tulis diatas bisa bermanfaat bagi kalian semua khususnnya para penggemar burung kicauan.
0 Komentar untuk "Tips mengetahui jenis kelamin cucak jenggot jantan dan betina"

Hai! Saya Viana Dengan adanya blog burungperkicau.com ini semoga bisa bermanfaat bagi para penggemar burung kicauan yang mencari informasi mengenai cara merawat burung kicau.

 
Copyright © Merawat Burung Berkicau. All rights reserved
Burung Kicau Cara Merawat Burung Kicau